Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Disney Rugi 4,7 Miliar Dolar AS, Siap Pecat 87 Ribu Karyawan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 30 September 2020, 10:41 WIB
Disney Rugi 4,7 Miliar Dolar AS, Siap Pecat 87 Ribu Karyawan
Walt Disney World di Orlando./Net
rmol news logo Salah satu raksasa hiburan dunia Disney akan memangkas sebanyak 28 ribu pekerjaan dari divisi taman hiburan AS, menyusul pembatasan California yang telah mencegah resor raksasa Disneyland dibuka kembali karena krisis virus corona.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pemotongan itu diperlukan mengingat persyaratan jarak sosial dan permintaan yang disebabkan oleh pandemik, bersama dengan ketidakpastian kapan taman akan pulih, kata Mouse House dalam siaran pers pada Selasa (29/9) waktu setempat.

"Sulit karena keputusan ini hari ini, kami percaya bahwa langkah-langkah yang kami ambil akan memungkinkan kami untuk menghasilkan operasi yang lebih efektif dan efisien ketika kami kembali normal," kata Josh D'Amaro, Ketua Taman, Petualangan, dan Produk, seperti dikutip dari AFP, Rabu (30/9).

Sekitar dua pertiga dari karyawan yang terkena dampak adalah staf paruh waktu.

Menarik jutaan wisatawan setiap tahun, Disneyland di Anaheim dekat Los Angeles adalah taman hiburan yang paling banyak dikunjungi kedua di dunia, setelah Magic Kingdom di Walt Disney World di Orlando.

Tetapi tidak seperti taman hiburan Disney di Florida, Tokyo, Hong Kong, Shanghai dan Paris, resor Anaheim sejauh ini tidak dapat dibuka kembali karena pembatasan Covid Golden State.

"Ketidakpastian telah diperburuk di California oleh keengganan negara bagian untuk mencabut pembatasan yang memungkinkan Disneyland untuk dibuka kembali," kata D'Amaro.

Disneyland awalnya dijadwalkan untuk dibuka kembali pada bulan Juli, tetapi itu dibatalkan karena pejabat lokal membatalkan pembukaan kembali karena lonjakan virus corona lainnya.

Saat ini California menjadi negara bagian Amerika yang terbanyak menyumbang kasus Covid-19 dengan mencatatkan 805 ribu kasus terkonfirmasi.

Sementara tingkat infeksi baru telah kembali menurun, dan bisnis tertentu sekali lagi diizinkan untuk menyambut pelanggan kembali, taman hiburan tetap ditutup di negara bagian terpadat dan terkaya di negara itu.

Minggu lalu, D'Amaro meminta Gubernur California Gavin Newsom untuk membantu mereka membuka kembali atau mengambil risiko kehilangan puluhan ribu pekerjaan.

"Semakin lama kita menunggu, semakin menghancurkan dampaknya bagi masyarakat Orange County dan Anaheim," katanya, seraya mendesak para pejabat untuk memperlakukan taman hiburan seperti mereka melkakukannya pada sektor lain.

Negara bagian telah memperkenalkan sistem empat tingkat untuk kabupaten, dengan Orange County tempat Disneyland berada, tercatat berada di peringkat kedua kategori tertinggi.

Tetapi bahkan beberapa kabupaten dengan virus corona 'minimal' belum diizinkan untuk membuka kembali taman hiburan.

Awal bulan ini, Disneyland bergabung dengan Universal Studios dan taman hiburan lainnya dalam sebuah pernyataan yang menuntut pejabat California menetapkan kriteria kesehatan yang diperlukan untuk membukanya kembali. Walikota setempat juga angkat bicara.

Newsom mengatakan awal bulan ini bahwa mereka akan segera mengeluarkan pedoman taman hiburan.

Langkah untuk memberhentikan ribuan pekerja terjadi setelah Disney mengalami kerugian 4,7 miliar dolar AS pada kuartal terakhir, yang mencerminkan pukulan pada bisnis taman hiburan dan penggelinciran atau penundaan rilis film besar produksi mereka.

Efek negatif ini telah diimbangi dengan melonjaknya permintaan untuk layanan streaming Disney plus, yang mengarahkan pemutaran perdana remake 'Mulan' dan versi film musikal Broadway 'Hamilton' ke streaming online alih-alih diputar di bioskop.

Namun minggu lalu Disney mengumumkan penundaan beberapa rilis teatrikal terbesarnya hingga tahun depan, termasuk film-film yang dinanti-nantikan dari serial film pahlawan super Marvel yang meraup rekor seperti 'Black Widow' dan 'Eternals'.

'West Side Story' karya sutradara Steven Spielberg yang sangat digemari juga ikut ditunda selama setahun penuh hingga Desember 2021 mendatang.

Langkah-langkah itu terjadi setelah pengembalian box office yang mengecewakan untuk film-film mega-budget yang telah menantang bioskop AS musim panas ini, termasuk film thriller sci-fi 'Tenet' dari studio saingan mereka, Warner Bros.

Bioskop tetap ditutup di beberapa pasar domestik utama, termasuk kota Los Angeles dan New York. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA