Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kerjasama Perdagangan Fase Satu Lancar Jaya, Minyak Mentah AS Ke China Melonjak 867 Ribu Barel Per Hari

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 24 September 2020, 05:54 WIB
Kerjasama Perdagangan Fase Satu Lancar Jaya, Minyak Mentah AS Ke China Melonjak 867 Ribu Barel Per Hari
Ilustrasi/Net
rmol news logo Di balik ketegangan antara China dan AS yang terus bergulir ternyata masih ada sisi yang terus terpelihara dan berjalan lancar, yakni kesepakatan perdagangan fase pertama dua raksasa itu.

China telah meningkatkan impor daging babi, kedelai, dan minyak mentah AS, yang semuanya merupakan barang penting dalam kesepakatan perdagangan fase satu yang ditandatangani pada Januari lalu.

Para ahli mengatakan kenaikan tersebut mencerminkan kelancaran kesepakatan dan meningkatnya permintaan untuk produk-produk tersebut di China, meskipun hubungan bilateral memburuk.

Menurut unit penelitian S&P Global Market Intelligence, impor daging babi AS di China meningkat 370 persen pada Agustus tahun-ke-tahun melalui perusahaan pemrosesan daging Brasil JBS SA.

Gao Guan, wakil direktur Asosiasi Daging China, membenarkan hal itu dengan mengatakan bahwa perdagangan pertanian antara China dan AS hampir tidak terpengaruh.

Gao mengatakan pemasok terbesar daging babi impor untuk Tiongkok adalah Brasil, AS, dan Jerman, dan karena pasokan daging babi lokal Tiongkok sangat terpengaruh oleh demam babi Afrika, impor dagingnya melonjak hingga mencapai lebih dari 10 persen dari total konsumsi daging babi tahun ini, dibandingkan dengan hanya 4-5 persen pada 2016.

"Namun, mengingat proporsi kecil daging impor terhadap total konsumsi domestik, bahkan jika semua impor daging dihentikan, pasar China tidak akan terpengaruh," kata Gao, mencatat bahwa China juga berusaha untuk mengembangkan produksi daging babi sendiri untuk memenuhi permintaan dalam negeri, seperti dikutip dari GT, Rabu (23/9).

Dua item penting lainnya yang terdaftar dalam kesepakatan perdagangan, kedelai dan minyak mentah, juga mengalami rebound. Jumlah total kedelai dari AS kemungkinan akan mencapai sekitar 40 juta ton pada tahun 2020, menurut perkiraan media, yang akan menjadi sekitar 25 persen lebih banyak daripada tahun 2017.

Sementara menurut data bea cukai China, impor minyak mentah AS oleh China melonjak ke rekor tertinggi 867 ribu barel per hari (bpd) di bulan Juli dari 143 ribu bpd di bulan Juni. Pada bulan September, China dapat mengimpor hingga 900 ribu barel per hari, menurut perusahaan jasa ladang minyak Canary.

Dong Xiucheng, direktur China Oil & Gas Center dengan China University of Petroleum, mengatakan kepada Global Times bahwa China akan terus membeli minyak mentah Amerika dan produk minyak bumi seperti yang dijanjikan di bawah perjanjian perdagangan tahap pertama untuk saat ini, bahkan meskipun ketegangan bilateral meningkat.

"Dengan perjanjian perdagangan tahap pertama, perang perdagangan antara China dan AS telah ditunda," kata Dong.

Bahkan jika masalah perdagangan di masa depan terjadi, dampaknya terhadap China akan sangat kecil.

"Jika kami tidak membeli minyak mentah dari AS, kami masih dapat membelinya dari tempat lain," kata Dong, mencatat bahwa pasar minyak internasional kelebihan pasokan, dan China tidak kekurangan minyak.

Kesepakatan fase satu ditandatangani pada Januari 2020, di mana China setuju untuk membeli produk pertanian AS senilai 36,5 miliar dolar AS atau naik dari yang awalnya hanya 24 miliar dolar AS pada 2017.

Namun, Tian Yun, wakil direktur Asosiasi Operasi Ekonomi Beijing, mencatat bahwa sejauh ini, itu sulit untuk memastikan apakah China dapat memenuhi target pada akhir tahun ini.

Kuota tersebut hanya dapat dipenuhi jika terdapat cukup ketahanan rantai pasokan AS, yang akan membuktikan bahwa pemerintah AS memiliki tekad untuk mengendalikan pandemi.

“Selain itu, meningkatkan impor bukan berarti mengimpor barang dengan segala cara, terlepas dari kualitas dan keamanannya. Yang bisa kita lakukan adalah memberikan kemudahan untuk mencabut pembatasan,” kata Tian.

"Pada akhirnya, kesepakatan tahap pertama hanya bisa menjadi tujuan dan ekspektasi," kata Tian, ​​mencatat bahwa seseorang tidak dapat memaksa perusahaan China untuk membeli produk AS. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

  • TAGS

ARTIKEL LAINNYA