Demikian yang disampaikan oleh Direktur Deka, Yanti Nisro dalam Farah ZoomTalk bertajuk "Perempuan, Dunia Riset dan Daya Juang di Lorong Kehidupan Baru" pada Rabu (9/9).
Yanti menjelaskan, market research adalah mediator antara konsumen dan klien. Klien market research sendiri beragam dan bukan hanya perusahaan.
"Pemerintah juga klien-klien market research, sebelum melakukan policy ke masyarakat kan memerlukan research. Basically, market research itu diperlukan oleh semua organisasi yang diperlukan oleh masyarakat," jelasnya.
Dengan banyaknya klien, maka peluang market research sangatlah besar. Apalagi market research juga memerlukan sumber daya manusia dari berbagai latar belakang. Mengingat market research sangat berhubungan dengan perilaku manusia.
Namun, untuk masuk ke dunia market research tidak begitu mudah. Dunia market research memerlukan orang-orang yang memiliki daya juang, bergantung pada tema survei yang diminta oleh klien.
Bahkan Yanti menuturkan, dalam beberapa kasus, seorang market research harus terjun ke situasi yang membahayakan diri.
"Bekerja di market research harus punya passion di bidang itu. Saya pernah mengirim staf ke Ambon waktu sebelum isu SARA. Ketika sampe di sana, isu SARA muncul. Dia bukannya pulang ke Jakarta tapi lanjut. Kalau punya passion ya halangan itu (tidak berarti)," kisahnya.
Selain itu, Yanti mengungkap, perempuan menjadi dominan dalam dunia market research. Sifat perempuan yang umumnya lebih detail sangat cocok dengan pekerjaan tersebut.
Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.
BERITA TERKAIT: