Tumbuhkan Ekonomi Melalui Buah Lokal

Kampanye Gelar Buah Nusantara 2020 yang dihadiri Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, dan Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto/Ist

Pasar Komoditi Nasional (Paskomnas) Indonesia bersama Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian sukses menyelenggarakan kampanye Gelar Buah Nusantara 2020.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam peluncuran kampanye tesebut mengatakan, pemerintah mendorong agar buah asli Nusantara menjadi pemain utama pasar buah dalam negeri. Hal itu juga sekaligus untuk meningkatkan ekspor yang nantinya sejalan dengan peningkatan pendapatan petani.

Selain dihadiri Airlangga, Gelar Buah Nusantara 2020 juga dihadiri oleh Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto.

Dalam peluncuran tersebut, dijelaskan bahwa komoditas hortikultura, khususnya buah-buahan memiliki potensi besar untuk menambah pundi-pundi devisa negara dan juga menjadi andalan di pasar masa kini.

Sebagai negara agraris, Indonesia memiliki beragam jenis buah dengan kualitas yang tinggi. Kondisi ini juga didukung dengan banyaknya penduduk Indonesia yang bertani atau berkebun.

Dengan dukungan teknologi dan pengetahuan para peneliti yang ada di Indonesia, diyakini mampu menghasilkan kualitas buah-buahan yang bersaing di tingkat global. Selain potensi pasar domestik yang besar, permintaan ekspor akan buah-buahan asal Indonesia juga tengah mengalami peningkatan dari berbagai negara.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memberikan contoh, ekspor utama buah nanas lokal Indonesia ke Amerika Serikat, Belanda, Spanyol, Jerman, dan Jepang telah mencapai Rp 1,5 triliun per tahun.

"Oleh karena itu, Kementerian Pertanian akan memperkuat budidaya buah, terutama varietas-varietas tertentu yang dibutuhkan dunia serta cocok dengan selera semua orang," ujar Mentan, Minggu (30/8).

Sementara itu, Direktur Utama Pasar Komoditi Nasional, Hartono Wignjopranoto mengatakan bahwa Gelar Buah Nusantara menjadi sarana bagi para pedagang untuk mempromosikan buah lokal.

Ia tak menampik masih adanya anggapan masyarakat yang menilai buah impor lebih baik, padahal buah asli Indonesia tak kalah saing dan jauh lebih beragam.

"Kami berharap buah nusantara bisa menjadi tuan rumah di tempatnya sendiri, dengan ragam dan kualitas yang bagus," ujarnya.
EDITOR: DIKI TRIANTO

Kolom Komentar


Video

Ketika Anies Baswedan Mempengaruhi Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB)

Minggu, 18 April 2021
Video

RMOL World View • Antara AS, Iran Dan Israel

Senin, 19 April 2021
Video

Rekaman CCTV Anggota Brimob Tewas Dikeroyok

Senin, 19 April 2021

Artikel Lainnya

Upaya Mendorong Pertumbuhan Ekonomi RI, Sandi Harap Vaksinasi Bisa Diikuti Seluruh Pelaku Usaha Sektor Pariwisata
Ekbis

Upaya Mendorong Pertumbuhan ..

19 April 2021 21:50
Optimis Pemulihan Ekonomi Semakin Baik, Airlangga: Pertumbuhan Belanja Nasional Bulan April Naik Cukup Besar
Ekbis

Optimis Pemulihan Ekonomi Se..

19 April 2021 21:05
Program Pengungkit Ekonomi Jelang Idul Fitri Siap Digelontorkan, Airlangga: Tinggal Bansos Beras Sedang Pematangan
Ekbis

Program Pengungkit Ekonomi J..

19 April 2021 20:54
Microsoft Gelontorkan Rp 14,5 Triliun Untuk Buat Pusat  Data Di Malaysia
Ekbis

Microsoft Gelontorkan Rp 14,..

19 April 2021 16:22
Pacu Realisasi Kredit, Kacab BTN Bogor Akad Massal 600 Unit KPR
Ekbis

Pacu Realisasi Kredit, Kacab..

19 April 2021 03:31
Arsjad Rasjid: Indonesia Perlu Perbanyak Jumlah Pengusaha
Ekbis

Arsjad Rasjid: Indonesia Per..

17 April 2021 20:57
Gaduh Soal Diskriminasi Impor Gula, Menteri Agus Disarankan Buka Dialog
Ekbis

Gaduh Soal Diskriminasi Impo..

17 April 2021 13:20
Meski Surplus, Volume Perdagangan Lebih Rendah Dari Nilai Komoditas
Ekbis

Meski Surplus, Volume Perdag..

16 April 2021 22:45