Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gudang PT KAI Akan Disulap Jadi Ruang Publik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Sabtu, 29 Agustus 2020, 03:23 WIB
Gudang PT KAI Akan Disulap Jadi Ruang Publik
PT Kereta Api Indonesia (KAI) bekerja sama dengan PT Wijaya Karya untuk mengalihfungsikan gudang persediaan KAI agar memiliki nilai ekonomi baru/Istimewa
rmol news logo Ruang publik telah menjelma menjadi sebuah kebutuhan masyarakat. Kemunculan ruang publik baru sangat diharapkan demi menunjang kebutuhan masyarakat, khususnya di era adaptasi kebiasaan baru (AKB).

Atas alasan tersebut, optimalisasi aset lahan disepakati oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) dengan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA).

Mengusung tema besar sinergi BUMN, keduanya mengalihfungsikan gudang persediaan PT KAI seluas 20 hektare dan bangunan cagar budaya di Jalan Sukabumi, Bandung agar memiliki nilai ekonomi baru. Bentuk kerja sama ini adalah bangun-guna-serah (built-operate-transfer) selama 50 tahun.

Kerja sama dilakukan lantaran sebagian besar dari lahan gudang tempat penyimpanan dan pendistribusian komponen atau spare part kereta api itu masih belum dimaksimalkan.

Nantinya, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) melalui anak usahanya PT Wijaya Karya Realty (WIKA Realty) akan menghadirkan Laswicity Heritage (L-Heritage), yang akan menjadi destinasi ruang publik baru untuk beraktivitas dan berkreativitas di tatanan normal yang baru.

Direktur Operasional II WIKA Realty, Eri Prananto menjelaskan bahwa sarana dan prasarana di L-Heritage disesuaikan M dengan perilaku atau kebiasaan baru masyarakat. Termasuk memastikan agar ruang bisnis baru terbuka bagi pengusaha lokal.

“Mereka akan tetap menikmati ruang publik dan berinteraksi dengan aman,” tuturnya kepada wartawan, Jumat (28/8).

Eri juga mengatakan bahwa L-Heritage akan mulai beroperasi pada medio tahun 2021 dengan pengawalan protokol kesehatan atau setelah program pemerintah untuk vaksinasi Covid-19 pada awal tahun 2021 berjalan sukses.

“L-Heritage merupakan cikal bakal dari rencana besar pengembangan Laswi City sebagai new icon kota Bandung dan destinasi baru untuk Kawasan residensial dan komersial terbaik,” tegasnya.

Nantinya, L-Heritage akan membuat zonasi ruang sesuai dengan kategori dan kebutuhan masyarakat, seperti area food & beverages, area lifestyle, area entertainment, dan pusat olahraga.

Selain itu, juga menyediakan area amphitheater (panggung terbuka) sebagai ajang untuk mengapresiasi beragam kegiatan seni yang memiliki daya tarik tersendiri.

Tempat ini diharapkan pula dapat menjadi penghubung yang menciptakan dampak berganda (multiplier impact) bagi masyarakat Bandung dan sekitarnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA