Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sri Mulyani Prediksi Kuartal III Ekonomi Kembali Jeblok, PKS: Optimalkan Belanja Pemerintah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 27 Agustus 2020, 02:56 WIB
Sri Mulyani Prediksi Kuartal III Ekonomi Kembali Jeblok, PKS: Optimalkan Belanja Pemerintah
Ilustrasi ekonomi jeblok/Net
rmol news logo Prediksi Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam kuartal ketiga ekonomi nasional bakal kembali negatif menuai sorotan dari sejumlah anggota dewan di Komisi XI DPR RI.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Salah satunya anggota komisi XI DPR RI Fraksi PKS, Anis Byarwati.

Anies menyampaikan, pemerintah harus mampu melakukan optimalisasi ekonomi dalam negeri. Tujuannya, untuk menciptakan ekonomi yang berkeadilan.

“Bagaimana mendorong konsumsi rumah tangga. Dengan mendorong konsumsi rumah tangga akan memberikan dukungan masyarakat melakukan spending. Sehingga bisa menyerap produk dalam negeri,” kata Anis kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (26/8).

Selain itu, Anis memberikan solusi agar ekonomi nasional tidak kembali terpukul dengan cara mendorong industri manufaktur.

“Terlebih dalam kondisi pandemi Covid-19 ini. Karena sektor ini lah yang bisa menyerap tenaga kerja dan meningkatkan pendapatan,” katanya.

Belanja pemerintah yang saat ini belum maksimal juga dipersoalkan Anis.

Menurutnya, jika pemerintah lamban menyerap anggaran corona untuk meningkatkan daya beli masyarakat maka tidak menutup kemungkinan akan terjerumus dalam resesi di kuartal ketiga ini.

“Indonesia akan masuk ke jurang resesi di kuartal III, jika belanja pemerintah tidak bisa dioptimalkan. Ketika tingkat konsumsi turun dan investasi rendah, seharusnya belanja pemerintah dioptimalkan untuk memulihkan ekonomi nasional,” tutupnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA