Dimensy.id
Apollo Solar Panel

BPS: Aktivitas Masyarakat Bulan Juli Mulai Bergerak Normal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Selasa, 18 Agustus 2020, 13:45 WIB
BPS: Aktivitas Masyarakat Bulan Juli Mulai Bergerak Normal
Kepala BPS, Suhariyanto/Net
rmol news logo Mobilitas penduduk di masa pandemik Covid-19 berangsur normal semenjak relaksasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diberlakukan.

"Bulan Juli, kegiatan di tempat perdagangan ritel dan rekreasi perlahan menuju sisi normal, ada perkecualian di Idul Adha di mana masyarakat (berkegiatan) di rumah sehingga mobilitas ritel dan rekreasi mengalami penurunan. Ada progres di sana sejak ada relaksasi,” ujar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Suhariyanto saat menyampaikan perkembangan mobilitas penduduk secara virtual, Selasa (18/8).

Sementara itu, mobilitas di tempat belanja kebutuhan sehari-hari juga lebih cepat dibandingkan dengan kegiatan di tempat lain.

“Masyarakat melakukan kegiatannya secara normal, karena baik Idul Fitri atau Idul Adha mobilitas di tempat belanja sehari-hari ini sudah hampir mendekati normal meski belum sepenuhnya,” katanya.

Sementara itu, mobilitas di tempat umum seperti taman menuju pergerakan normal. Hal itu berbeda dengan kegiatan di airport, terminal bus dan beberapa tempat lainnya.

"Perubahan aktivitas di tempat ini (airport dan terminal) lebih lambat dibandingkan di tempat belanja kebutuhan sehari-hari,” katanya.

“Dari sini kita bisa lihat dari bulan ke bulan aktivitas masyarakat mulai bergerak dan akan memengaruhi denyut ekonomi melawan Covid-19, sehingga pemulihan ekokomi nasional bisa segera terwujud,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA