Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Penyedia Layanan Keuangan Digital Harus Jadi Solusi UMKM Bangkit

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Senin, 17 Agustus 2020, 08:40 WIB
Penyedia Layanan Keuangan Digital Harus Jadi Solusi UMKM Bangkit
Pegiat UMKM/Net
rmol news logo Sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Indonesia harus bisa beradaptasi dalam menghadapi pandemik Covid-19. Mereka harus bisa memaksimalkan berbagai cara baru dalam mengakses pendanaan demi kelangsungan usahanya

“UMKM harus mampu menemukan alternatif pembiayaan agar tak lagi terlalu bergantung kepada insentif pemerintah, maupun permodalan bank konvensional,” ujar pengamat ekonomi Universitas Indonesia (UI) Fithra Faisal kepada wartawan, Minggu (16/8).

UMKM perlu adaptasi dengan sistem online yang tengah menjadi alternatif di era pandemik Covid-19. Akses permodalan secara online perlu ikut dalam pertimbangan alternatif.

“Bila UMKM bergabung dan masuk ke platform usaha digital, terutama bagi yang belum, seharusnya bisa membuat UMKM lebih survive,” sambungnya.

Salah satu alternatif di era saat ini adalah melalui opsi platform pembiayaan berbasis digital, seperti Akulaku Finance Indonesia.

“Tapi perusahaan penyedia layanan keuangan digital yang memanfaatkan momentum ini juga harus menjadi salah satu solusi atas persoalan yang dihadapi oleh UMKM, sehingga mereka dapat bangkit,” tegasnya.

Dia pun mengapresiasi langkah Akulaku Finance yang memberikan restrukturisasi cicilan kepada nasabah. Menurutnya, apa yang dilakukan itu harus menjadi contoh fintech lain. Sebab, permasalahan yang terjadi di kalangan UMKM adalah penurunan kemampuan untuk membayar cicilan, sehingga UMKM butuh restrukturisasi kredit, pembayaran dipermudah, hingga cicilan modal baru.

“Sangat bagus (Akulaku Finance) bila ternyata penerima restrukturnya adalah pelaku UMKM,” tekannya. rmol news logo article
Merdeka Tanpa Kemerdekaan

Artikel ini telah tayang di Rmol.id dengan judul "Merdeka Tanpa Kemerdekaan", https://rmol.id/read/2020/08/17/448344/Merdeka-Tanpa-Kemerdekaan-.
Merdeka Tanpa Kemerdekaan

Artikel ini telah tayang di Rmol.id dengan judul "Merdeka Tanpa Kemerdekaan", https://rmol.id/read/2020/08/17/448344/Merdeka-Tanpa-Kemerdekaan-.

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.