Ombudsman RI Punya Saluran Penampung Keluhan Pelanggan IndiHome Yang Down

IndiHome/Net

Penyedia jasa layanan internet, IndiHome, kembali menjadi buah bibir publik. Sebab, jaringan internet yang mereka berikan sempat down alias terputus di sejumlah daerah, khususnya di DKI Jakarta, pada pagi ini, Kamis (13/8).

Kabar putusnya jaringan internet IndiHome ini pun langsung ditanggapi oleh anggota Ombudsman RI Alvin Lie, yang ternyata sudah mengumpulkan keluhan-keluhan dari pelanggan IndiHome per Senin (10/3).

Alvin Lie mengurai bahwa dirinya telah menyediakan saluran tematik bagi pelanggan IndiHome yang merasa dirugikan. Saat ini, sambungnya, memang keluhan yang masuk ke Ombudsman masih sedikit.

“Saya menyediakan saluran tematik khusus pelanggan IndiHome. Belum banyak baru 20 hingga 30-an yang masuk lewat media sosial, baru senin kemarin saya unggah,” ujar Alvin Lie kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (13/8).

Pembukaan saluran tematik khusus ini dilakukan saat dirinya mendapat beragam keluhan dari pelanggan provider internet milik PT. Telkom tersebut.

Awalnya, keluhan yang masuk mengenai tagihan IndiHome. Para pelanggan keberatan ditagih lantaran sudah berhenti berlangganan.

“Mereka sudah mengajukan berhenti berlangganan, tagihan sudah dilunasi, kemudian modem sudah dikembalikan. Tapi, bulan depannya masih terima tagihan lagi, karena merasa sudah berhenti sudah enggak pakai lagi, tidak mau bayar kan,” jelasnya.

Pihak IndiHome juga disebut sempat memberikan ancaman kepada para pelanggan yang belum membayar tagihan. Mereka diancam akan dilaporkan kepada pihak kejaksaan.

“Ini kan enggak masuk akal,” tegasnya.

Selain itu, Alvin Lie juga mendapatkan laporan dari pelanggan terkait kualitas IndiHome yang tidak memenuhi syarat. Salah satunya, jaringan yang suka mati dan lemot.

“Super lemot. Setiap kali mengajukan keluhan, jawabannya seperti itu saja kan,” imbuhnya.

Atas alasan itu, Alvin Lie membuka saluran khusus bagi pelanggan IndiHome yang merasa dirugikan. Nantinya akan dirangkum apa saja jenis keluhan dan sebarannya.

Setelah mengumpulkan seluruh keluhan para pelanggan tersebut, Alvin Lie bakal membawanya kepada pihak direksi Telkom untuk segera dievaluasi.

“Kami akan minta mereka menjelaskan apa penyebabnya, kemudian apa solusi yang bisa diberikan, dan ketiga adalah apa yang dilakukan telkom agar kejadian serupa tidak terulang di masa depan,” tandasnya.

Kolom Komentar


Video

BREAKING NEWS: Pasar Cepogo Boyolali Terbakar

Kamis, 17 September 2020
Video

Menguji Erick Thohir dan Jokowi, Kejanggalan Pertamina Gamblang Diurai Ahok

Jumat, 18 September 2020

Artikel Lainnya

FinCEN Files, Catatan Transaksi Miliaran Dolar
Ekbis

FinCEN Files, Catatan Transa..

21 September 2020 15:53
Genjot Transformasi Digital, BTN Bakal Akuisisi 25.000 EDC
Ekbis

Genjot Transformasi Digital,..

21 September 2020 14:37
Daya Beli Terus Menurun, Tim Ekonomi Pemerintah Gagal Selamatkan UMKM
Ekbis

Daya Beli Terus Menurun, Tim..

21 September 2020 14:27
Lolos Tahap Pertama Pemilihan Dirjen WTO, Mendag Korsel Ingin Perkuat Perdagangan Multilateral
Ekbis

Lolos Tahap Pertama Pemiliha..

21 September 2020 12:56
Dirut bank bjb Yuddy Renaldi Raih Penghargaan IMF 2020
Ekbis

Dirut bank bjb Yuddy Renaldi..

19 September 2020 16:50
WTO: Transportasi Udara Jadi Sektor Yang Paling Terdampak Covid-19
Ekbis

WTO: Transportasi Udara Jadi..

18 September 2020 18:57
Ingin Tahu Trik Promosi Digital? Yuk Ikuti  Bincang Bisnis Online bank bjb
Ekbis

Ingin Tahu Trik Promosi Digi..

17 September 2020 19:58
BTN Optimis Penyaluran Kredit Dari Dana PEN Bakal Lampaui Target
Ekbis

BTN Optimis Penyaluran Kredi..

17 September 2020 19:42