Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Enam Bulan Diserang Covid-19, Laba Saudi Aramco Turun 50 Persen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 10 Agustus 2020, 11:41 WIB
Enam Bulan Diserang Covid-19, Laba Saudi Aramco Turun 50 Persen
Saudi Aramco/Net
rmol news logo Pembatasan akibat pandemik Covid-19 memicu permasalahan baru, yaitu menurunnya permintaan minyak dunia. Bahkan perusahaan minyak milih Arab Saudi, Aramco, melaporkan penurunan pendapatan secara signifikan.

Dari laporan Aramco pada Minggu (9/8), terjadi penurunan laba bersih hingga 50 persen selama paruh pertama 2020. Periode tersebut merupakan awal wabah Covid-19 melanda dunia.

Dimuat Sputnik, laba bersih Aramco turun senilai 23,2 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 336 triliun (Rp 14.500/dolar AS) selama enam bulan pertama 2020. Angka tersebut menurun setengahnya dari laba sebelumnya yang mencapai 46,9 miliar dolar AS atau Rp 680 triliun.

Adapun total arus kas bebasnya berjumlah 21,1 miliar dolar AS untuk paruh pertama, menurun secara signifikan dari 38 miliar dolar AS  pada periode tahun sebelumnya.

Presiden sekaligus CEO Aramco, Amin Nasser mengatakan, penurunan yang sangat signifikan terjadi pada kuartal kedua 2020, yang merupakan terburuk selama satu dekade belakang.

"Tantangan kuat dari penurunan permintaan dan harga minyak yang lebih rendah tercermin dalam hasil kuartal kedua kami," ujar Nasser.

"Kemungkinan terburuk di belakang kami. Tapi kami tetap cukup positif mengenai adanya permintaan minyak dalam jangka panjang," ujar Nasser.

Pada April, ketika banyak negara yang memberlakukan kuncian, harga minyak dunia masuk ke arah negatif. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA