Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kalangan DPR Dukung Penempatan Dana PEN Untuk Bank Daerah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/yelas-kaparino-1'>YELAS KAPARINO</a>
LAPORAN: YELAS KAPARINO
  • Senin, 27 Juli 2020, 14:51 WIB
Kalangan DPR Dukung Penempatan Dana PEN Untuk Bank Daerah
Kamrussamad dalam acara temu silaturahmi OJK/RMOL
rmol news logo Penempatan Dana Program Pemulihan Ekonomi Nasional (Dana PEN) ke Bank Pembangunan Daerah (BPD) disambut baik kalangan DPR. Langkah itu dinilai tepat untuk menyelamatkan ekonomi daerah di tengah pandemik Covid-19.

"Langkah pemerintah menempatkan dana ke sejumlah bank pembangunan daerah (BPD) sebagai dana segar bagi perbankan adalah tepat untuk selamatkan ekonomi daerah," kata Anggota Komisi XI DPR dari Fraksi Gerindra Kamrussamad, kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (27/7).

Ia meyakini, program Dana PEN untuk BPD yang anggatannya mencapai Rp11,5 triliun itu akan mampu menggerakkan sektor riil melalui program ketahanan pangan, ketahanan kesehatan dan ketahanan sektor riil.

Hanya saja, politisi Gerindra itu mengingatkan, penyaluran Dana PEN tersebut harus disertai bunga yang rendah, maksimal 6% dengan skema dan persyaratan penyaluran yang disederhanakan. Dan, program itu harus mampu menjangkau pelaku UMKM serta pelaku usaha baru, bukan hanya untuk nasabah lama.

“Dengan penjaminan Askrindo dan Jamkrindo serta subsidi bunga/margin sesuai PMK 85, skema ini seharusnya mampu membangkitkan sektor riil,” ujar dia optimis.

Kamrussamad menambahkan, meningkatnya angka kemiskinan dan pengangguran hingga jutaan orang sudah seharusnya menjadi warning bagi Pemerintah.

"Ini adalah langkah yang tepat, apalagi dalam kondisi seperti ini pemerintah daerah sangat butuh dukungan pemerintah pusat," tandas dia. rmol news logo article 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA