Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Beda Dengan Singapura Dan Thailand, Indonesia Masih Berpeluang Kurangi Tekanan Resesi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 17 Juli 2020, 18:52 WIB
Beda Dengan Singapura Dan Thailand, Indonesia Masih Berpeluang Kurangi Tekanan Resesi
Pakar ekonomi senior Indonesia, Dradjad H. Wibowo/Net
rmol news logo Dalam periode dua kuartal pertumbuhan ekonomi di Singapura mengalami penurunan yang cukup drastis hingga memasuki masa resesi akibat hantaman keras pandemik Covid-19.

Pakar ekonomi senior Indonesia, Dradjad H. Wibowo mengatakan, dalam memasuki masa resesi dalam kuartal kedua konsesus dari sejumlah pakar dunia sepakat, Indonesia bakal mengalami kontraksi atau dengan kata lain pertumbuhan perekonomiannya negatif.

"Berapa besarnya? Kita tunggu saja angka BPS, perkiraan yang beredar itu minus 3 sampai 4 persen biasanya enggak jauh-jauh dari angka itu, tapi bisa juga nanti tinggi sedikit," kata Dradjad kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (17/7(.

"Nah, untuk disebut resesi, kuartal ketiga juga harus negatif. Bagaimana prospeknya? Untuk kuartal ketiga memang tekanan recessionary terhadap Indonesia itu semakin tinggi," imbuhnya menambahkan.

Politisi senior PAN ini mengatakan faktor, yang menyebabkan Singapura termasuk juga Thailand mengalami kontraksi luar biasa bahkan terperosok dalam resesi lantaran adanya faktor eksternal atau dari sisi global yang drop seketika. Berbeda dengan Indonesia.

"Tapi memang bedanya dengan Indonesia, Singapura dan Thailand ini, sangat mengandalkan pada sektor jasa. Jasa tourism, dan di dalam tourism itu, ada belanja-belanja, kemudian juga ada sektor jasa pelayanan kesehatan, dan banyak lagi sektor jasa lainnya," bebernya.

Dari segi sektor jasa, lanjut Dradjad, pendapatan ekonomi Singapura sangat tergantung dari pergerakan orang ke negara tersebut.

"Jadi ketika terjadi pandemik, orang tidak mau lagi bepergian tidak mau lagi melakukan perjalanan, ya otomatis pasar untuk sektor jasa itu ambruk. Itu yang membedakan Singapura dan Thailand sedikit dengan Indonesia," katanya.

Indonesia sendiri, masih lanjut Dradjad, meski peranan sektor jasa besar, namun tidak mendominasi. Tidak seperti yang dialami Singapura dan Thailand.
 
"Sehingga, di sini bisa menjadi peluang bagi kita untuk mengurangi tekanan recessionary," tukasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA