Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Corona Masih Berlanjut, Arief Poyuono Khawatir Banyak Perusahaan Berubah Jadi "Zombie"

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Kamis, 09 Juli 2020, 10:55 WIB
Corona Masih Berlanjut, Arief Poyuono Khawatir Banyak Perusahaan Berubah Jadi "Zombie"
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Arief Poyuono/Net
rmol news logo Meskipun wabah virus corona baru (Covid-19) memiliki kapasitas untuk melepaskan kekuatan inflasi baru pada ekonomi global, hal itu juga memperburuk tren disinflasi yang kuat dalam dekade terakhir.

Demikian disampaikan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Arief Poyuono dalam keterangan kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (9/7).

Secara keseluruhan, Arief Poyuono memperkirakan inflasi akan terus menurunkan target bank sentral untuk periode yang berkelanjutan, menjaga tingkat kebijakan dan imbal hasil obligasi pemerintah pada tingkat yang sangat rendah.

Adapun langkah-langkah kebijakan yang diterapkan untuk mencegah penyebaran Covid-19, akan meningkatkan biaya banyak perusahaan dan merusak pasokan.

"Tetapi kami pikir krisis saat ini terutama berakar pada goncangan permintaan yang akan menekan pertumbuhan upah, margin, dan inflasi. Sementara uang adalah sebagai alat eksploitasi sumber daya alam dan manusia," ujar Arief Poyuono.

Dia skeptis bahwa dukungan yang diberikan oleh pembuat kebijakan terlalu banyak dan akan menyebabkan inflasi melonjak, atau bahwa tindakan bank sentral baru-baru ini sama dengan pembiayaan moneter.

"Kenaikan tajam dalam utang dapat meningkatkan risiko pemerintah memaksa bank sentral untuk mencetak uang untuk membiayai rencana pengeluaran, terlepas dari konsekuensi inflasi. Tapi kami pikir ini masih merupakan skenario probabilitas rendah," tutur Arief Poyuono.

Pandemik dapat melemahkan beberapa kekuatan struktural yang telah membantu menjaga pertumbuhan upah terkendali. Misalnya, masalah kesehatan dapat mengurangi partisipasi dalam angkatan kerja.

Tetapi selama dua atau tiga tahun ke depan, efek seperti itu kemungkinan akan dibanjiri oleh faktor-faktor siklus yang mendorong turunnya pertumbuhan upah.

Sementara itu, lanjut Arief Poyuono, resesi saat ini dan lonjakan utang perusahaan dapat memicu kenaikan lebih lanjut menjadikan banyak merubah perusahaan-perusahaan menjadi perusahan zombie (perusahan tidak produktif, dan tidak menguntungkan), yang juga dapat meningkatkan tekanan disinflasi.

"Akhirnya, Covid-19 dapat memperburuk kekuatan deglobalisasi dan mendorong perusahaan untuk mengatur kembali rantai pasokan. Perbaikan dalam ketahanan rantai pasokan yang relatif murah tampaknya sangat layak. Tetapi harus disesuaikan dengan skala besar dan mahal, dan dengan demikian inflasi dapat dikendalikan, kecuali dipaksakan oleh pemerintah," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA