Bincang Bisnis Bank BJB Kupas Cakrawala Usaha Era New Normal

Berupaya mendorong semangat usaha di era new normal, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat & Banten (bank bjb) kembali menggelar bincang bisnis online bagi para debitur dan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), Selasa (16/6).

Bincang Bisnis merupakan program turunan bjb Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Terpadu (PESAT) yang diselenggarakan via aplikasi Zoom. Tema kali ini, "Menumbuhkan Mental Juara dalam Menghadapi New Normal."

Acara yang dibuka Direktur Konsumer dan Ritel bank bjb, Suhartini itu menghadirkan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jabar Atalia Praratya Ridwan Kamil sebagai pembicara utama.

Hadir pula Pemimpin Divisi UMKM bank bjb Denny Mulyadi dan para debitur serta pelaku UMKM sebagai peserta.

Dalam paparannya, Atalia menyampaikan sejumlah materi terkait mental seorang juara dalam menghadapi musibah dan manfaat berkomunitas dan berorganisasi dalam berwirausaha.

Atalia juga membagikan tips menumbuhkan dan menjaga semangat berwirausaha agar semangat para pelaku usaha semakin terlecut.

Direktur Konsumer dan Ritel bank bjb Suartini mengatakan, tujuan dari bincang bisnis online kali ini adalah untuk menumbuhkan semangat para pelaku UMKM dan debitur bank bjb dalam menghadapi cakrawala usaha di masa new normal.

"Bekal motivasi yang diberikan, diharapkan lebih memantapkan mental juara untuk mengeksekusi strategi bisnis yang juga telah disarankan para praktisi dan ahli lewat rangkain perbincangan yang difasilitasi bank bjb," ujar dia.

Sebelumnya, bank bjb telah memberikan serangkaian materi kepada para pelaku UMKM yang berisi tentang strategi akselerasi usaha di era new normal.  Salah satu yang kerap disarankan ialah dengan memanfaatkan platform digital sebagai media pengenalan dan pemasaran produk.

Media digital dinilai lebih efektif dalam menjangkau khalayak yang lebih luas serta relevan dengan kondisi hari ini yang mengharuskan pola transaksi diterapkan secara lebih ketat demi menghindari kemungkinan transmisi virus yang lebih besar.

Ke depan, bank bjb akan terus mengawal para pelaku usaha agar mereka dapat meningkatkan kapasitas bisnisnya. Edukasi dan beragam diskusi serta pelatihan bakal terus digiatkan demi memastikan gerak langkah UMKM menuju tangga juara sebagai mitra usaha bank bjb dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Dalam bincang bisnis kali ini, bank bjb juga mengumumkan pemenang sayembara menulis bagi para debitur dengan tema "Optimis di Masa Krisis" yang diselenggarakan pada 14-29 Mei 2020. Terdapat 10 pemenang terbaik hasil penjurian Divisi Kredit dan UMKM bank bjb.

Penjurian dilakukan dengan merujuk pada sejumlah indikator, antara lain kreatifitas ide, strategi usaha, potensi bisnis, manajemen, dan motivasi. Sayembara ini merupakan ajang agar debitur dapat menceritakan dan menginspirasi dengan tetap bersikap optimis di masa pandemi Covid-19 demi menjaga kelangsungan dan keberlanjutan bisnisnya.

Kolom Komentar


Video

Wanita Terbakar Dalam Mobil di Sukoharjo, Diduga Korban Pembunuhan

Rabu, 21 Oktober 2020
Video

DENDI RAMADHONA DAN PESAWARAN

Rabu, 21 Oktober 2020
Video

Diduga Melanggar, Bawaslu Panggil Calon Bupati Semarang

Kamis, 22 Oktober 2020

Artikel Lainnya

Pandemi, Saham Intel Jatuh
Ekbis

Pandemi, Saham Intel Jatuh

24 Oktober 2020 08:03
Survei Terbaru Pasca Debat: 70 Persen Investor Global Lebih Senang Jika Joe Biden Menang
Ekbis

Survei Terbaru Pasca Debat: ..

24 Oktober 2020 06:59
Curhat CEO Huawei: Saat Ini Kami Berada Dalam Masa Yang Sangat Sulit
Ekbis

Curhat CEO Huawei: Saat Ini ..

24 Oktober 2020 06:11
Amazon Gelontorkan Dana 100 Juta Dolar AS Untuk Memperluas Aktivitas Di Meksiko
Ekbis

Amazon Gelontorkan Dana 100 ..

23 Oktober 2020 13:47
Pemerintah Beri Stimulus PSC Di 5 Bandara, Tiket Pesawat Akan Lebih Murah
Ekbis

Pemerintah Beri Stimulus PSC..

22 Oktober 2020 22:57
Hebat, Realisasi Penyaluran Dana PEN bank bjb Lampaui Target
Ekbis

Hebat, Realisasi Penyaluran ..

22 Oktober 2020 20:10
Kuartal III/2020, Laba BTN Melesat 39,72 Persen
Ekbis

Kuartal III/2020, Laba BTN M..

22 Oktober 2020 19:48
Biaya Logistik Masih Tinggi, Pemerintah Diminta Perbanyak Pusat Logistik Berikat
Ekbis

Biaya Logistik Masih Tinggi,..

22 Oktober 2020 14:39