Menuju Masa Penentuan Berakhirnya PSBB Jakarta, Ini Dia Mal Yang Siap Dibuka Setelah 4 Juni

Mal di Jakarta/Net

Menjelang berakhirnya PSBB di Jakarta, sejumlah mal mulai mempersiapkan diri untuk membuka kembali kegiatannya pada Jumat (5/6) mendatang.

Sebelumnya hampir seluruh mal ditutup seiring diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta pada 16 Maret lalu.

Dibukanya mall serentak pada 5 Juni terkait dengan rencana berakhirnya masa PSBB di Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, aturan PSBB hingga 4 Juni diprediksi menjadi yang terakhir atau penghabisan. Namun begitu, ia mengatakan bahwa saat-saat ini adalah 'fase menentukan'.

"Sebelumnya kita telah memperpanjang PSBB hingga 4 Juni. Nah, sekarang adalah masa-masa menentukan, bila di hari-hari sekarang ini penularan di Jakarta menurun, maka kita bisa melakukan transisi menuju Normal Baru. Tetapi bila hari-hari sekarang angkanya meningkat karena merasa bebas bepergian, tidak disiplin, tidak menggunakan masker, maka ada potensi kita harus memperpanjang lagi,  mengulang proses yang kita kerjakan kemain,"  ujar Anies dalam siaran YouTube BNPB, sore ini, Senin (25/5)

Anies berpesan agar sama-sama mentaati aturan yang telah diberlakukan agar wabah ini segera berlalu dan masyarakat kita kembali kepada kehidupan normal.

Bila PSBB di Jakarta benar berakhir pada 4 Juni, beberapa mal ini telah siap membuka kembali aktivitasnya pada 5 Juni mendatang, dilihat dari akun media sosial masing-masing.  

Mal-mal itu antara lain:

1. Plaza Indonesia
Dalam pengumuman yang diunggah melalui akun Instagram resminya, mal yang berlokasi di kawasan Bundaran Hotel Indonesia itu menyatakan memperpanjang penutupan operasional mal hingga 4 Juni 2020. Dengan begitu, mal akan dibuka pada keesokan harinya, yakni 5 Juni 2020.

Meski demikian, tenant-tenant yang esensial tetap dibuka, seperti supermarket, farmasi, money changer, dan ATM. Outlet yang menjual makanan dan minuman juga diperkenankan beroperasi tetapi hanya melayani take away dan pengantaran ke rumah.

Selama PSBB, Plaza Indonesia beroperasi mulai pukul 11 siang hingga 5 sore. Mal juga sempat ditutup pada hari pertama Idul Fitri.


2. Grand Indonesia
Seperti tetangganya, Grand Indonesia juga memutuskan memperpanjang penutupan operasionalnya karena aturan PSBB. Berbeda dengan mal sebelah, Grand Indonesia menetapkan tanggal mulai beroperasi pada 8 Juni 2020.

Meski demikian, sejumlah outlet yang menyediakan kebutuhan esensial tetap buka. Di antaranya, supermarket, gerai makanan dan minuman, farmasi, optik, toko buku, dan money changer.

3. Mal Kota Kasablanka
Mal yang berlokasi di Kasablanka, Jakarta Selatan, juga memutuskan menutup operasinya hingga 4 Juni 2020 dan buka kembali keesokan harinya, 5 Juni 2020. Meski begitu, sejumlah gerai yang menyediakan kebutuhan esensial dan makanan/minuman tetap buka mulai pukul 11 siang hingga pukul 7 malam. Informasi ini terlihat dari akun Instagramnya.

4. Mal Plaza Blok M
Mal yang terkoneksi langsung dengan Stasiun MRT itu memutuskan memperpanjang masa penutupan sementara operasional hingga 4 Juni mendatang dan buka kembali pada 5 Juni 2020. Tetapi, sejumlah gerai yang menyediakan kebutuhan esensial dan kedai makanan/minuman tetap dibuka mulai pukulu 11 siang hingga 7 malam. Seluruh pengunjung juga diminta menggunakan masker.

5. Mal Gandaria City
Mal yang berlokasi di kawasan Gandaria, Jakarta Selatan ini memutuskan memperpanjang penutupan operasional hingga 4 Juni 2020. Selama itu, sejumlah toko yang menyediakan kebutuhan esensial dibuka antara pukul 11 pagi hingga 7 malam. Mal akan buka kembali pada 5 Juni 2020.

6. Summarecon Mal Kelapa Gading
Mal yang berlokasi di Kelapa Gading, Jakarta Utara ini memutuskan memperpanjang penutupan sementara hingga 7 Juni 2020. Dengan begitu, mal akan kembali dibuka pada 8 Juni 2020. Namun, sejumlah toko yang menyediakan kebutuhan esensial, termasuk ATM, tetap beroperasi seperti biasa dengan durasi lebih singkat.

7. Pondok Indah Mal
Mal yang berlokasi di Jakarta Selatan ini memutuskan untuk memperpanjang masa penutupan hingga 4 Juni 2020 dan buka kembali keesokan harinya. Selama itu, outlet yang menyediakan kebutuhan esensial dan gerai makanan/minuman tetap buka dengan jam operasional pada pukul 11 siang hingga 7 malam.

8. Mal Central Park
Mal di Jakarta Barat ini memutuskan untuk menutup operasionalnya hingga 4 Juni 2020 dan buka kembali keesokan harinya. Selama itu, outlet yang menyediakan kebutuhan esensial dan gerai makanan/minuman tetap buka dengan jam operasional pada pukul 11 siang hingga 7 malam.

9. Senayan City
Mal di Jakarta Pusat ini memutuskan untuk menutup operasionalnya hingga 4 Juni 2020 dan buka kembali keesokan harinya. Selama itu, outlet yang menyediakan kebutuhan esensial dan gerai makanan/minuman tetap buka dengan jam operasional pada pukul 11 siang hingga 7 malam.

10. Pasific Place
Dalam unggahan Instagram resminya, mal yang berlokasi di kawasan SCBD ini akan menutup operasionalnya hingga 4 Juni 2020 dan buka kembali pada 5 Juni 2020. Selama itu, outlet yang menyediakan kebutuhan esensial dan gerai makanan/minuman tetap buka dengan jam operasional, Senin-Kamis pada pukul 11 pagi hingga 8 malam, dan Kamis--Minggu pada pukul 11 pagi hingga 9 malam.

11. Lotte Shopping Avenue
Mal yang berlokasi di kawasan Kasablanka ini menutup operasional sementara hingga 4 Juni 2020 dan buka kembali pada 5 Juni 2020. Selama itu, outlet yang menyediakan kebutuhan esensial dan gerai makanan/minuman tetap buka dengan jam operasional, Senin--Minggu pada pukul 11 pagi hingga 8 malam. Informasi ini didapat dari akun instagram Lotte.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

New Normal New Ideas

Minggu, 05 Juli 2020
Video

Bergerak Serentak, Seruan Mahasiswa Batalkan OmnibusLaw

Jumat, 10 Juli 2020
Video

Jasad ABK WNI Ditemukan di Frezeer Kapal China

Jumat, 10 Juli 2020

Artikel Lainnya

Ikan Arwana Kalimantan Siap Ekspor, Kemenko Marves Targetkan Pengiriman Dilakukan Tiap Pekan
Ekbis

Ikan Arwana Kalimantan Siap ..

13 Juli 2020 04:57
Gugatan 15 T Telkomsel Harusnya Jadi Pengakuan Industri Telekomunikasi Selama Ini Lengah
Ekbis

Gugatan 15 T Telkomsel Harus..

12 Juli 2020 19:13
Menko Airlangga Ajak UMKM Bertransformasi Menuju Ekonomi Digital
Ekbis

Menko Airlangga Ajak UMKM Be..

12 Juli 2020 13:32
Revitalisasi UMKM, Kunci Bangkitkan Ekonomi Di Tengah Pandemik
Ekbis

Revitalisasi UMKM, Kunci Ban..

12 Juli 2020 02:26
Digempur Corona, Indonesia Harus Hidupkan Kembali Ekonomi Kerakyatan
Ekbis

Digempur Corona, Indonesia H..

11 Juli 2020 12:16
Faisal Basri: Kenaikan Kelas Indonesia Berpendapatan Menengah Ke Atas Bertahan 1 Tahun
Ekbis

Faisal Basri: Kenaikan Kelas..

11 Juli 2020 03:45
Budidaya Lobster Model Keramba Dasar Cocok Bagi Perairan Berombak Besar
Ekbis

Budidaya Lobster Model Keram..

11 Juli 2020 01:46
Ada Fasilitas Permodalan, Pemerintah Minta Pelaku UMKM Daftarkan Usahanya
Ekbis

Ada Fasilitas Permodalan, Pe..

11 Juli 2020 00:35