Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sarankan Kredit Ke Eksportir Diperkencang, Dahlan Iskan: Kalau Perusahaan Ini Kolaps Menyesalnya Luar Biasa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 18 Mei 2020, 15:04 WIB
Sarankan Kredit Ke Eksportir Diperkencang, Dahlan Iskan: Kalau Perusahaan Ini Kolaps Menyesalnya Luar Biasa
Dahlan Iskan/Net
rmol news logo Krisis ekonomi akibat pandemik virus corona baru atau Covid-19 bisa diatasi dengan memberikan kredit kepada pengusaha ekspor (Eksportir) di dalam negeri.

Pasalnya, mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskam melihat, Bank-Bank plat merah Indonesia memiliki kesempatan untuk berperan dalam kondisi krisis saat ini.

"Peranan terbesar sekarang adalah di bank-bank BUMN," ujar Dahlan Iskan dalam diskusi daring LP3ES yang bertajuk 'Mobilisasi Kekuatan Sumberdaya BUMN Dimasa Pandemi Covid-19', Senin (18/5).

Dahlan Iskan mengungkap beberapa cara yang bisa dilakukan Bank BUMN untuk bisa memperbaiki keadaan ekonomi dalam negeri. Yakni dengan menjadwal ulang pembayaran kredit seperti memperpanjang tenor pembayaran.

"Sehingga meringankan dunia usaha," tegasnya singkat.

Selain itu, bank-bank BUMN juga bisa menggalakkan penyaluran kredit kepada dunia usaha. Namun, Dahlan Iskan menyarankan agar pemerintah memberikan kesempatan secara luas kepada Eksportir.

"Menurut saya yang nomor satu adalah eksportir, yang harus dijaga, jangan sampai perusahaan-perusahaan eksportir ini kolaps (bangkrut). Karena begitu kolaps bukan hanya perusahaan itu yang sulit, tapi kita juga sulit," sebut mantan Direktur Utama PT PLN (Persero) ini.

"Kenapa? Karena networking mereka di internasional hilang. Akses mereka di internasional hilang. Kemudian jalur logistik di dalam negeri hilang, sistemnya hilang. Maka kita penyesalannya akan luar biasa," demikian Dahlan Iskan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA