Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dimulai Bulan Ini, Bank BTN Siap Salurkan Program Subsidi Selisih Bunga

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/yelas-kaparino-1'>YELAS KAPARINO</a>
LAPORAN: YELAS KAPARINO
  • Kamis, 14 Mei 2020, 15:20 WIB
Dimulai Bulan Ini, Bank BTN Siap Salurkan Program Subsidi Selisih Bunga
Dirut Bank BTN Pahala Nugraha Mansury/RMOL
rmol news logo Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat bersama Kementerian Keuangan bersiap mengucurkan program Subsidi Selisih Bunga (SSB) untuk mendorong pembiayaan perumahan bagi masyarakat menengah ke bawah. Program stimulus sektor perumahan ini menjadi angin segar di tengah pandemi Covid-19.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Pahala Nugraha Mansury mengatakan, SSB tersebut merupakan bagian dari stimulus pemerintah paket kedua dan BTN siap untuk menyalurkannya.

Program ini diproyeksikan dapat digunakan untuk mendukung 146.000 unit rumah yang akan disalurkan kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Pada saat seperti ini memang dibutuhkan bantuan dari Pemerintah untuk tetap memutar roda perekonomian. Kami berterimakasih kepada Pemerintah yang tetap berkomitmen mendukung sektor pembiayaan perumahan bagi rakyat dengan mengucurkan SSB dan mempercayakan kepada Bank BTN untuk menyalurkannya," kata Pahala di Jakarta, Rabu (14/5).

Dengan asumsi 146.000 unit maka total kredit yang dapat disalurkan BTN menurut Pahala, bisa mencapai sekitar Rp22 triliun.

"Ini sudah cukup bagi korporasi pada saat ini. Jumlah itu sudah sangat membantu dan likuiditas BTN sangat mendukung apalagi dengan penurunan GWM dan DPK perseroan sampai dengan Maret tahun 2020 tumbuh," ujar dia.

Dijelaskan Pahala, likuiditas BTN cukup aman dan terjaga. Sementara rasio Aset Likuid terhadap Non-Core Deposit (AL/NCD) terjaga diatas 80% jauh diatas regulasi yang dipatok 50%.
 
"SSB dapat menggairahkan sektor properti yang saat ini terpukul pandemi Covid-19, karena dapat mendorong permintaan dan bisa menggerakkan pengembang properti dan 172 sektor turunan properti lainnya," katanya.

Sejak tahun lalu, menurut Pahala, BTN telah melakukan perbaikan proses bisnis berbasis risiko dengan fokus pada segmen berisiko rendah. Artinya ini menunjukkan bahwa perseroan telah melakukan kehati-hatian dalam setiap proses bisnis. Dengan demikian perseroan akan sangat aman untuk mendorong dengan cepat SSB ini segera tersalur kepada masyarakat walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19.

Dalam tiga bulan pertama tahun 2020 penyaluran KPR Subsidi Bank BTN (konvensional dan syariah) mencapai Rp.3,68 Triliun dengan jumlah rumah sebanyak 27.224 unit.

"SSB kita harapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan pembiayaan perumahan yang terjangkau sekaligus untuk mendukung Program Sejuta rumah yang diinisiasi oleh Presiden Joko Widodo sejak 2015," tandas Pahala. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA