Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Siap-siap Tampung Investor AS dan Jepang Yang Tinggalkan China, Kadin Kepri Luncurkan Paket Sewa Lahan Gratis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 11 Mei 2020, 13:00 WIB
Siap-siap Tampung Investor AS dan Jepang Yang Tinggalkan China, Kadin Kepri Luncurkan Paket Sewa Lahan Gratis
Pulau Bintan/Net
rmol news logo Kabar persiapan Amerika Serikat dan Jepang yang akan segera mencabut investasinya di China, segera ditangkap oleh Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kepulauan Riau.

Kadin Riau meluncurkan paket ekonomi Kadin "BBK (Batam Bintan, Karimun) Murah", yang isinya antara lain menawarkan sewa lahan gratis untuk investor Amerika Serikat dan Jepang yang akan merelokasi usahanya ke Indonesia selama lima tahun.

Ketua Umum Kadin Kepulauan Riau Akhmad Ma'ruf Maulana mengaku ia tidak akan melewatkan kesempatan tersebut.

"Kami tidak ingin kehilangan momentum. Saat ini Amerika Serikat dan Jepang sedang bersiap-siap untuk mencabut investasinya dari Cina karena pandemi corona," ujar Akhmad Ma'ruf Maulana dalam konferensi virtual, Senin (11/5).

Lahan yang disiapkan Kadin Kepri untuk proyek ini adalah 30 hektare di Kabil, Batam, dengan status lahan siap bangun. Nantinya, kata dia, jumlah lahan yang akan ditawarkan untuk investasi ini bakal bertambah.

Diakui Ahmad, sewa lahan di Indonesia masih sangat tinggi dibandingkan negara lain. Untuk itu pihaknya akan melakukan promosi penyewaan gratis untuk meningkatkan daya saing Indonesia dengan negara lain, seperti Vietnam dan India.

Diketahui, India telah menyiapkan ribuan hektar tanah untuk persiapan investor Amerika yang akan 'kabur' dari China.
 
Tarif sewa lahan rata-rata di Indonesia berkisar 170-225 dolar AS per meter persegi, sedangkan di Vietnam hanya 50-90 dolar AS per meter persegi, sesuai data Kadin.

Ahmad berharap, tawaran ini dapat mendukung usaha pemerintah untuk menarik investasi asing agar tercipta lapangan kerja baru di dalam negeri. Untuk kebutuhan ini, Ahmad telah melakukan negosiasi terhadap perusahaan-perusahaan di Amerika Serikat.

Kesempatan sewa lahan gratis ini adalah untuk investor yang berkomitmen menanamkan modal minimal Rp 500 miliar. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA