Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Optimisme Konsumen Menurun Tajam, BI Sampaikan Pertumbuhan Ekonomi Tahun Ini Lebih Rendah Dari 2,3 Persen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 06 Mei 2020, 12:08 WIB
Optimisme Konsumen Menurun Tajam, BI Sampaikan Pertumbuhan Ekonomi Tahun Ini Lebih Rendah Dari 2,3 Persen
Gubernur BI Perry Warjiyo/Net
rmol news logo Optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi turun drastis pada April 2020. Hal itu tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada April 2020 sebesar 84,8, turun dibandingkan dengan 113,8 pada Maret 2020.

Melemahnya optimisme konsumen dipengaruhi oleh kondisi Indonesia di tengah pandemik Covid-19.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkapkan, penurunan persepsi terdalam, terjadi pada indeks penghasilan saat ini dan ketersediaan lapangan kerja. Sementara di sisi ekspektasi, konsumen masih relatif optimis terhadap perkiraan kondisi ekonomi pada enam bulan mendatang meskipun tidak sekuat perkiraan bulan sebelumnya

Demikian juga dengan pertumbuhan ekonomi di sepanjang 2020 ini berpotensi lebih rendah dari 2,3 persen yoy. Angka itu meleset dari perkiraan sebelumnya.

"Perkiraan kami secara keseluruhan semula bisa tumbuh 2,3 persen yoy, tapi ini bisa sedikit lebih rendah dengan realisasi kuartal I-2020 yang lebih rendah dari perkiraan. Kami akan hitung lagi," kata Perry, dalam siaran langsungnya, Rabu (6/5).

Pertumbuhan ekonomi di kuartal pertama tahun ini hanya sebesar 2,97 persen yoy. Ini lebih rendah dari perkiraan Bank Indonesia (BI) dan pemerintah yang sebesar 4,4 persen yoy.  

Kondisi perekonomian terkini memang sangat dipengaruhi oleh upaya pemerintah dalam memutus mata rantai penularan Covid-19 dengan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Wilayah penerapan PSBB ini memakan 70 persen dari wilayah ekonomi Indonesia. Ditambah lagi, pertumbuhan ekonomi dunia yang diperkirakan bisa minus 2 persen. Maka ini bisa mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Indonesia lebih lanjut, menurutnya.

Untuk ke depannya, Perry dan pemerintah berkomitmen untuk terus berupaya dalam menjaga perekonomian, terutama dari Covid-19. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA