Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gita Wirjawan Usulkan BI Cetak Uang Rp 4 Ribu Triliun Untuk Selamatkan Ekonomi Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Sabtu, 02 Mei 2020, 02:22 WIB
Gita Wirjawan Usulkan BI Cetak Uang Rp 4 Ribu Triliun Untuk Selamatkan Ekonomi Indonesia
Gita Wirjawan/Net
rmol news logo Gita Wiryawan mengusulkan Bank Indonesia mencetak uang sebanyak Rp 4.000 Triliyun rupiah untuk mengatasi persoalan ekonomi karena dampak wabah viru corona baru (Covid-19).

Menurut Gita, uang tersebut tidak hanya digunakan untuk memberi stimulus pada mereka yang kehilangan pendapatan, tapi  juga untuk restrukturisasi penyelamatan sector riil dan Usaha Mikro KEcil dan Menengah (UMKM).

Menteri perdagangan tahun 2011-2104 ini menekankan kebijakan pencetakan uang tersebut tidak akan menimbulkan inflasi karena uang yang disalurkan ke masyarakat,  hanya untuk menjamin kebutuhan dasar, bukan untuk meningkatkan gaya hidup.

“Kekhawatiran lain soal depresiasi rupiah melemah di hadapan mata uang lain, menurut Gita juga tak perlu, karena banyak negara kini mencetak uang untuk mencukup kebutuhan ekonomi dalam negerinya,” ujar Gita Dalam diskusi bertema "Menyelamatkan sektor riil dan UMKM dari pandemi" bersama Yayasan Rekat Anak Bangsa, Jumat (1/05).

Gita juga menepis kekhawatiran banyak pihak adanya moral hazard dalam pencetakan uang. Yakni dengan memperketat koordinasi pusat dan daerah dalam menentukan kanalisasi penyaluran bantuan.

Gita yang kini menjabat sebagai wakil ketua pertimbangan KADIN mengapresiasi langkah pemerintah untuk penyelamatan ekonomi yang terdampak Covid-19, meski stimulus yang diberikan masih kurang.

Pihaknya berpendapat, harus ada kebijakan tidak biasa yang harus diambil pemerintah, yakni pencetakan uang.

“Meski diakui bertentangan dengan apa yang diajarkan selama ini, kebijakan pencetakan uang dianggap sebagai satu satunya alternatif untuk mencapai likuiditas yang dibutuhkan negara,” tandasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA