Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pedagang Pasar Kramat Jati: Harga Bawang Putih Mulai Turun

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/darmansyah-1'>DARMANSYAH</a>
LAPORAN: DARMANSYAH
  • Senin, 13 April 2020, 19:12 WIB
Pedagang Pasar Kramat Jati: Harga Bawang Putih Mulai Turun
Bawang putih/Net
rmol news logo Kebijakan pemerintah membebaskan impor bawang putih dan bombai melalui kebijakan relaksasi impor mendorong harga bawang putih turun.

Pedagang bawang putih Pasar Induk Keramat Jati Jakarta Timur, Haji Anas mengatakan, harga bawang putih kini stabil meski di tengah pandemik covid-19.

“Saat ini kami beli di kisaran harga 21.000 untuk jenis Honan dan jenis Kating 22.000 per kg di Jakarta dan di Surabaya jenis honan 21.000 dan kating 21.500. Memang Februari lalu sempat tembus 50.000 per kg, tapi saat ini sudah stabil lagi,” ungkap Anas, Senin (13/4).

Ia juga menjelaskan, salah satu penyebab turunnya harga bawang putih akibat bebas impor yang diberlakukan oleh pemerintah pusat di tengah pandemik Covid-19 yang terjadi.

“Iya kemarin kan pemerintah melakukan pembebasan impor, sehingga harga sudah turun lagi,” katanya.

Selain itu, Anas meminta pemerintah terus melakukan pengawasan terhadap persediaan dan harga bawang putih di Indonesia. Agar tetap stabil sehingga konsumen tidak merasa terbebani dan tidak menjadi polemik dimasyarakat.

“Saya berharap pemerintah terus melakukan pengawasan, kalau bisa tidak sampai selesai virus corona saja, tapi setelah itu harus diawasi. Jangan sampai nanti malah terjadi penimbunan, apalagi ini mau menghadapi puasa dan lebaran, kan kasihan konsumen harus menanggung harga yang tinggi," tandasnya.

Sebelumnya, pemerintah mengeluarkan pembebasan impor yang bersifat sementara hingga 31 Mei 2020 dan diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan 27/2020 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Perdagangan 44/2019 tentang Ketentuan Impor Produk Hortikultura. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA