Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lebih Dari 700.000 Orang Kehilangan Pekerjaan Di AS Terhempas Dampak Virus Corona

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 04 April 2020, 16:53 WIB
Lebih Dari 700.000 Orang Kehilangan Pekerjaan Di AS Terhempas Dampak Virus Corona
Ilusrasi/Net
rmol news logo Wabah virus corona meruntuhkan banyak bidang usaha menyebabkan hilangnya lapangan pekerjaan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat (AS) sebanyak 701 ribu orang pada Maret 2020 kehilangan pekerjaannya.

Angka itu tercatat seiring dengan pemangkasan tenaga kerja akibat perusahaan merugi di tengah pandemi ini.
 
Saat ini, wabah virus corona telah menutup bisnis dan pabrik di AS.

Kondisi ini memicu angka pengangguran menjadi 4,4 persen, terburuk dalam satu dekade, menurut laporan Biro Statistik Tenaga Kerja AS, per Sabtu (4/4).

“Perubahan angka ini mencerminkan dampak dari coronavirus (Covid-19) dan upaya untuk mengendalikannya,” kata biro tersebut.

Pekerjaan di sektor hiburan dan perhotelan turun 459.000 pada bulan lalu, terutama dalam jasa makanan dan perusahaan minuman.

Penurunan pekerjaan juga terjadi di sektor perawatan kesehatan dan bantuan sosial, layanan profesional dan bisnis, serta perdagangan ritel dan konstruksi.

Komisaris Biro Statistik Departemen Tenaga Kerja AS William Beach mencatat virus corona memberikan dampak buruk terhadap laporan ketenagakerjaan.

“Kami masih bisa mendapatkan perkiraan dari dua survei kami yang memenuhi standar BLS untuk akurasi dan keandalan,” kata William dikutip dari Reuters, Sabtu (4/4).

Biro itu juga mengungkap tingkat pengangguran pada Maret melonjak 0,9 poin persentase menjadi 4,4 persen, yang merupakan kenaikan terbesar dalam sebulan sejak Januari 1975.

Padahal, sejak September tahun lalu, angka pengangguran di Negeri Paman Sam stabil di level terendah dalam sejarah, sekitar 3,5 hingga 3,6 persen.

Saat ini diperkirakan keadaan lebih buruk lagi karena mayoritas masyarakat AS diminta harus tetap di rumah untuk mencegah penularan virus corona. Saat ini juga tercatat sebanyak 10 juta orang di AS mengajukan klaim untuk tunjangan pengangguran dalam dua pekan terakhir pada Maret 2020. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA