Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Siap-siap Hadapi Guncangan Ekonomi, Ini Enam Rekomendasi Bank Dunia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 31 Maret 2020, 13:12 WIB
Siap-siap Hadapi Guncangan Ekonomi, Ini Enam Rekomendasi Bank Dunia
Ilustrasi/Net
rmol news logo Para ekonom telah menduga sebelumnya mengenai dampak dari pandemi virus corona yang saat ini semakin menyebar ke banyak negara.

Wabah virus corona telah memicu gangguan pada rantai pasokan hingga menyebabkan guncangan ekonomi global.

Untuk itu, Bank Dunia mengajak negara-negara di Asia Timur dan Pasifik untuk mulai bertindak mengantisipasi kemungkinan yang tidak diinginkan.

Bank Dunia merekomendasikan enam langkah untuk mengatasi dampak wabah ini.

“Negara di Asia Timur dan Pasifik sudah menghadapi ketegangan perdagangan internasional dan dampak penyebaran Covid-19. Sekarang, dihadapkan dengan guncangan ekonomi global,” kata Wakil Presiden Bank Dunia untuk Asia Timur dan Pasifik Victoria Kwakwa dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (31/3).

Rekomendasi itu masuk dalam laporan Bank Dunia bertajuk East Asia and Pacific In The Time of COVID-19 yang menyatakan bahwa wabah virus corona telah menyebabkan guncangan pada ekonomi global, termasuk negara berkembang di Asia Timur dan Pasifik.

Rekomendasi pertama, adannya kapasitas perawatan kesehatan yang cukup untuk memenuhi permintaan. Diproyeksikan pandemi ini akan berlangsung dalam jangka panjang.

Rekomendasi kedua, adalah terintegrasinya antara kebijakan pada bidang kesehatan dan ekonomi makro. Seperti adanya langkah fiskal yaitu berupa subsidi pembiayaan kesehatan dan perawatan bagi pasien.

Rekomendasi ketiga, kerja sama internasional maupun kemitraan lintas batas antara pemerintah dan swasta harus ditingkatkan untuk memenuhi produksi, pasokan, serta layanan medis dalam menghadapi pandemi.

"Kerja sama internasional yang kuat bisa menjadi cara paling efektif untuk melawan ancaman ini dan untuk memastikan stabilitas keuangan setelahnya,” kata Kepala Ekonom Bank Dunia untuk Asia Timur dan Pasifik Aaditya Mattoo.

Rekomendasi keempat, kebijakan perdagangan harus tetap terbuka sehingga pasokan medis dapat tersedia untuk semua negara sekaligus memfasilitasi pemulihan ekonomi secara cepat.

Rekomendasi kelima, adanya pelonggaran kredit untuk memperlancar konsumsi rumah tangga dan membantu perusahaan agar bertahan dari goncangan yang sedang terjadi.

Juga perlu adanya penggabungan langkah-langkah di bawah pengawasan regulasi yang baik sebab banyak negara di kawasan telah menanggung beban utang perusahaan dan rumah tangga yang tinggi.

Untuk negara-negara yang lebih miskin keringanan utang akan sangat penting sehingga sumber daya dapat difokuskan pada pengelolaan dampak ekonomi dan kesehatan dari pandemi.

Rekomendasi keenam, meningkatkan kerja sama internasional dan kembangkan kemitraan swasta publik, khususnya untuk memastikan pasokan produk medis utama. Semua negara harus menyadari selain aksi nasional, kerja sama internasional dalam menciptakan vaksin adalah paling efektif melawan pandemi virus corona. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA