Dimensy.id
Apollo Solar Panel

YLKI Minta Pemerintah Turunkan Tarif Listrik Di Saat Wabah Corona

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Kamis, 26 Maret 2020, 20:16 WIB
YLKI Minta Pemerintah Turunkan Tarif Listrik Di Saat Wabah Corona
Ilustrasi/Net
rmol news logo Akibat pandemi virus corona atau Covid-19 yang menyebar sangat berdampak secara ekonomi kepada masyarakat. Khususnya terhadap masyarakat yang pendapatannya berbasis harian.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi meminta pemerintah memikirkan kelompok masyarakat dengan pendapatan harian dengan memberikan kompensasi sehingga daya beli mereka tidak tergerus.

Untuk itu, sambung Tulus, YLKI mengusulkan agar struktur tarif listrik diturunkan, khususnya untuk golongan 900 VA, bahkan kalau perlu golongan 1.300 VA.

“Saat ini struktur tarif berdasar keekonomiannya (non subsidi) berkisar Rp 1.352 per kWh. YLKI mengusulkan agar struktur tarif tersebut diturunkan minimal Rp 100 per kWh, selama 3-6 bulan ke depan, atau bergantung pada lamanya wabah,” kata Tulus dalam keteranganya, Kamis (26/3).

Apalagi, kata Tulus, harga minyak mentah di pasaran dunia saat ini sedang turun, sehingga momen untuk menurunkan tarif listrik tidak terlalu mengganggu biaya pokok penyediaan (BPP) listrik.

“Diharapkan dengan penurunan struktur tarif tersebut, bisa mengurangi beban ekonomi masyarakat rentan yang terdampak akibat wabah virus corona,” pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA