Fuad Bawazier: IHSG Naik 5 Persen, Tetap Dibayang-Bayangi Covid-19

Kamis, 26 Maret 2020, 11:06 WIB
Laporan: Yelas Kaparino

Ilustrasi

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) mengalami kenaikan 5 persen saat dibuka dalam sesi perdagangan hari ini, Kamis (26/3).

Mantan Komisaris Utama Bursa Efek Jakarta (BEJ) dan mantan Menteri Keuangan Fuad Bawazier mengatakan ada sentimen positif yang mendorong investor dari Republik Rakyat China (RRC) membeli saham-saham yang diperdagangkan di bursa Asia, Eropa dan Amerika Serikat. Tetapi, sejauh ini tidak ada sentimen untuk masuk ke bursa Jepang.

“Meski ada perbaikan Indeks Saham di Wall Street maupun di BEI tapi tetap dibayang-bayangi ketakutan pada wabah Covid-19 di USA, Eropa dan Indonesia,” katanya.

Apabila investor tidak percaya pada kemampuan negeri negeri di atas dalam memerangi wabah dengan cepat, mereka akan tetap ragu-ragu masuk ke bursa saham, dan lebih banyak memilih untuk menyimpan dolar.

“Kalau main juga ala kadarnya, sekadar menunjukkan eksistensi hadir di bursa,” sambungnya.

Menurut Fuad Bawazier lebih lanjut, pasar ragu pada policy Trump mengatasi wabah tapi senang pada gelontoran stimulus sebesar 2 triliun dolar AS. Begitu pula pasal menyukai gelontoran stimulus dari Inggris dan Bank Central Eropa.

“Pasar saham Indonesia juga ragu pada keberhasilan Indonesia mengatasi wabah dengan strategi  Social Distancing,” masih katanya.

Intinya, investor sangat memperhitungkan kecepatan selesainya suatu negeri mengatasi wabah. Jadi ini faktor kepercayaan dan faktor ini mengalahkan faktor ekonomi bisnis yang usual.

Dengan demikian dapat disimpulkan, sentimen pemain China akan masuk memborong saham yang harganya sedang murah lumayan menjaga membantu harga saham naik-turun.

Di sisi lain pemain dari China dipercayai hanya akan berburu saham perusahaan besar dan strategis. Emiten ecek-ecek yang kini harganya hanya puluhan perak bukan target mereka.

“Saham ecek-ecek itu makanan investor lokal,” demikian Fuad Bawazier.

Kolom Komentar


Video

Update Covid-19 Kamis 26 Maret, Positif 893 orang, dan 78 Meninggal

Kamis, 26 Maret 2020
Video

Gunung Merapi Meletus, Magelang Diguyur Hujan Abu

Jumat, 27 Maret 2020
Video

JAJANG C. NOER : Ketika Ayah | Puisi Hari Ini

Jumat, 27 Maret 2020