Ferry Juliantono: Pedagang Pasar Butuh Stimulus Di Tengah Wabah Corona

Rabu, 25 Maret 2020, 22:51 WIB
Laporan: Diki Trianto

DPP APPSI, Ferry Juliantono/Net

Pemerintah pusat diminta untuk memberi perhatian lebih kepada para pedagang pasar yang tergabung dalam Induk Koperasi Pedagang Pasar (Inkoppas) usai terdampak virus corona yang makin meluas.

Ketua Umum Dewan Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (DPP APPSI), Ferry Juliantono mengatakan, pemerintah bisa melakukan pemberdayaan melalui pemberian stimulus, subsidi, serta bantuan yang diperlukan.

Tak hanya itu, petani, peternak, nelayan, maupun komponen UMKM beserta jaringan koperasi rakyat juga perlu dilirik guna meningkatkan suplai di tengah wabah Covid-19.

"Pola bantuannya harus mengena dan bersifat langsung, bukan dengan jalan impor. Karena saat ini, negara produsen pun terkendala oleh virus corona serta tingginya nilai dolar AS terhadap rupiah," ujar Ferry dalam keterangannya, Rabu (25/3).

Sejauh ini, pasar rakyat sudah terbukti sanggup bertahan di tengah dinamika ekonomi yang sulit. Berdasarkan data yang ia miliki, jumlah pedagang pasar kini mencapai lebih dari 12 juta orang. Hal inilah yang harusnya diberdayakan oleh pemerintah.

"Ini adalah suatu jaringan distribusi yang dahsyat sekaligus efektif untuk melakukan stabilisasi kebutuhan bahan pokok demi terjadinya penguatan produksi nasional, mengingat para pedagang pasar merupakan akses pasar langsung bagi para pelaku usaha di UMKM, termasuk untuk kelompok petani dan nelayan," sambung Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra ini.

Oleh karenanya, ia meminta pemerintah memberikan stimulus khusus kepada pedagang pasar melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan metode penyaluran melalui koperasi pedagang pasar (KOPPAS) yang melakukan seleksi pedagang.

Berkenaan dengan wabah virus corona, bantuan berupa masker hingga penyemprotan disinfektan di pasar-pasar juga penting dilakukan agar para pedagang tak terjangkit Covid-19.
EDITOR: DIKI TRIANTO

Kolom Komentar


Video

Update Covid-19 Kamis 26 Maret, Positif 893 orang, dan 78 Meninggal

Kamis, 26 Maret 2020
Video

Gunung Merapi Meletus, Magelang Diguyur Hujan Abu

Jumat, 27 Maret 2020
Video

JAJANG C. NOER : Ketika Ayah | Puisi Hari Ini

Jumat, 27 Maret 2020