Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Masa-masa Sulit Akibat Wabah, Australia Beri Tunjangan Virus Corona Untuk Warganya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 25 Maret 2020, 17:19 WIB
Masa-masa Sulit Akibat Wabah,  Australia Beri Tunjangan Virus Corona Untuk Warganya
Ilustrasi/Net
rmol news logo Dampak virus corona berimbas kepada para usaha kecil dan masyarakat. Pemerintah Australia mengumumkan akan memberikan paket stimulus.

Pemerintah memperkirakan setidaknya sudah satu juta warganya yang kehilangan pekerjaan sejak diberlakukannya aturan untuk membatasi aktivitas di luar rumah.

Ribuan warga pun langsung memadati kantor Centrelink, yang menyalurkan tunjangan sosial itu.

Sebelumnya, Perdana Menteri Scott Morrison menyampaikan adanya tunjangan tambahan di Canebrra, yang juga merupakan paket tunjangan kedua terkait dampak virus corona. Pemerintah Australia pun mengeluarkan paket stimulus "sekali bayar" untuk warga Australia yang selama ini merupakan penerima tunjangan sosial.

Tapi siapa saja yang berhak menerima tunjangan 'Coronavirus Supplement'?

Tunjangan ini merupakan tambahan dari tunjangan-tunjangan lainnya yang selama ini diterima warga Australia.

Nilai uang yang akan diberikan sebesar 550 dolar Australia per dua minggu (atau 275 dolar per minggu). Artinya, bagi para pencari kerja yang selama ini menerima tunjangan, maka tunjangannya akan naik dua kali lipat.

Pekerja lepas, pemilik usaha dan pensiunan juga memiliki hak untuk mendapat bantuan.

Pembayaran akan dimulai pada 27 April dan akan berlangsung untuk setidaknya enam bulan.

Lalu bagaimana dengan UKM dan pekerja lepas?

Ternyata mereka juga berhak dengan syarat jika penghasilan mereka menjadi di bawah 1.075 dolar Australia per dua minggu.
Menteri Perbendaharaan Negara (Treasurer), Josh Frydenberg menjelaskan, Pemerintah akan memastikan pelaku usaha kecil menegah yang usaha terpaksa tutup, konsumennya menurun, atau harus merumahkan pegawainya, akan bisa mengakses tunjangan virus corona ini.

Warga Australia, baik citizen maupun penduduk tetap (PR) yang selama ini telah menerima salah satu tunjangan kesejahteraan yang tercantum di atas, sebenarnya tidak perlu melakukan apa-apa.

Pemerintah melalui 'Services Australia' secara otomatis membayar 'Coronavirus Supplement' kepada mereka yang memenuhi syarat setiap dua minggu sekali.

Jika Anda memenuhi syarat, Pemerintah juga akan mengesampingkan masa tunggu untuk menguji nilai aset Anda, masa tunggu untuk penduduk yang baru menjadi PR (yang dalam situasi normal harus menunggu dua tahun). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA