Rupiah Lesu, Bamsoet: Ini Bukan Kali Pertama Dan Kita Selalu Berhasil Mengatasinya

Senin, 23 Maret 2020, 15:55 WIB
Laporan: Raiza Andini

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo/Net

Nilai rupiah melemah terhadap dolar. Tercatat hari ini pukul 12.00 WIB, rupiah berada pada posisi Rp 16.550. Hal ini diduga disebabkan karena dampak sentimen wabah virus corona yang menggerogoti berbagai sektor ekonomi.

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo menyampaikan, pelemahan terhadap nilai mata uang tidak hanya terjadi pada Indonesia saja, melainkan negara-negara lain yang terkena wabah virus corona.

“Ya menurut saya Indonesia tidak sendiri. Hampir semua mengalami hal yang sama. Kita tidak boleh pesimis, kita harus optimis melewati masa-masa kritis ini dengan baik. Kita bukan sekali ini saja mengalami pelemahan rupiah dan kita berhasil mengatasinya,” ujar Bamsoet di Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (23/3).

Guna menekan laju inflasi akibat melemahnya pertumbuhan ekonomi nasional, politisi Partai Golkar ini menyarankan pemerintah meningkatkan daya beli masyarakat dan menggairahkan sektor UMKM.

“Pertama pemerintah harus melakukan menjaga daya beli masyarakat melalui program BLT (bantuan langsung tunai) dan sudah diumumkan itu kan,” katanya.

Selain itu, Bamsoet juga menyarankan pemerintah mengambil langkah taktis dan meminta DPR menyetujui usulan penggelontoran Rp 62 triliun untuk mengatasi corona.

“Menurut saya, berapa pun akan kami (DPR) keluarkan agar kita bisa keluar dari krisis ini,” tandasnya.
EDITOR: DIKI TRIANTO

Kolom Komentar


Video

Update Covid-19 Kamis 26 Maret, Positif 893 orang, dan 78 Meninggal

Kamis, 26 Maret 2020
Video

Gunung Merapi Meletus, Magelang Diguyur Hujan Abu

Jumat, 27 Maret 2020
Video

JAJANG C. NOER : Ketika Ayah | Puisi Hari Ini

Jumat, 27 Maret 2020