Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dukung Pemerintah, KAI Kembalikan Tiket Penumpang KA Secara Penuh

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Minggu, 22 Maret 2020, 06:39 WIB
Dukung Pemerintah, KAI Kembalikan Tiket Penumpang KA Secara Penuh
Kereta api/Net
rmol news logo PT Kereta Api Indonesia (Persero) melakukan penyesuaian seiring penetapan Perpanjangan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Virus Corona di Indonesia oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga 29 Mei 2020.

Dalam hal ini, PT KAI menerapkan kebijakan pengembalian penuh pembatalan tiket Kereta Api Jarak Jauh dan Lokal untuk perjalanan 23 Maret hingga 29 Mei 2020.

VP Public Relations KAI Yuskal Setiawan mengatakan bahwa kebijakan pengembalian penuh ini diterapkan untuk mendukung arahan pemerintah kepada masyarakat yang diminta membatasi kegiatan di luar rumah.

Secara teknis, sambungnya, pembatalan dapat dilakukan secara online di aplikasi KAI Access atau secara langsung di Loket Pembatalan Stasiun mulai 23 Maret 2020. Sebelum kebijakan ini berlaku, penumpang yang membatalkan tiket akan dikenakan pemotongan sebesar 25 persen.

“Uang pembatalan akan dikembalikan dalam waktu 30 hingga 45 hari secara transfer atau tunai sesuai kehendak penumpang,” tambah Yuskal.

Pengembalian juga berlaku bagi penumpang rombongan yang sudah menyerahkan uang muka. Sementara untuk rombongan yang belum mencetak tiket, diberikan sekali kesempatan untuk dapat mengajukan perubahan jadwal selama tempat duduk dan kereta penggantinya masih tersedia.

“Pelayanan untuk penumpang rombongan dilakukan di kantor KAI, di mana proses transaksi sebelumnya dilakukan,” sambungnya.

Selain pengembalian tiket, KAI juga membatalkan sebanyak 26 jadwal perjalanan dari rentang 21 Maret hingga 1 April 2020, untuk mendukung kebijakan social distancing yang diterapkan pemerintah.

“Jadwal yang dibatalkan adalah 16 jadwal perjalanan KA Jarak Jauh dan 10 jadwal perjalanan KA Bandara Internasional Adi Soemarmo,” tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA