Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Cegah Penularan Covid-19, PT KAI Atur Jarak Penumpang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Jumat, 20 Maret 2020, 18:24 WIB
Cegah Penularan Covid-19, PT KAI Atur Jarak Penumpang
Jaga jarak penumpang kereta api/Net
rmol news logo Jumlah Pasien yang dinyatakan positif terjangkit virus corona atau Covid-19 setiap harinya terus mengalami peningkatan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Guna menekan risiko penyebaran dan penularan Covid-19, PT Kereta Api Indonesia (Persero) menerapkan kebijakan pembatasan jarak antar penumpang yang dilakukan di area stasiun dan perjalanan kereta api.

“Social distancing kami terapkan untuk menekan penyebaran virus corona di berbagai titik di wilayah kerja KAI,” ujar Vice Presiden Public Relations KAI Yuskal Setiawan melalui keterangan tertulisnya, Jumat (20/3).

Penerapan kebijakan tersebut berupa pembuatan tanda batas di beberapa titik seperti loket, boarding, mesin check in mandiri, tempat duduk di ruang tunggu, dan lift.

Adapun jarak antar penumpang selama berada di stasiun adalah kurang lebih 1 meter.

"Untuk kelancaran dan hasil dari social distancing yang maksimal, penumpang diminta mengantri dengan tertib dan mengikuti seluruh arahan dari petugas yang ada di stasiun," katanya.

Selain itu, saat proses boarding pun penumpang cukup menunjukkan identitas diri dan boarding pass atau e-boarding pass tanpa perlu menyerahkannya ke petugas.

Jika sudah sesuai, penumpang langsung melakukan scan barcode secara mandiri dengan disaksikan oleh petugas boarding.

Dalam hal di atas kereta api, KAI menerapkan membatasi kapasitas KA lokal secara sistem dari kapasitas maksimum 150 persen dalam satu kali perjalanan menjadi maksimum 75 persen.

Adapun untuk penumpang KA jarak jauh, kondektur dapat memindahkan penumpang ke kursi yang kosong jika ada permintaan dari penumpang.

Penumpang dapat menghubungi kondektur melalui nomor handphone yang tertera pada setiap dinding gerbong kereta.

“Kami memohon kerjasama dari seluruh penumpang, serta meminta agar sesama penumpang dapat saling mengingatkan satu sama lain untuk menjaga jarak. Kebijakan ini akan berjalan efektif dengan dukungan dari seluruh pihak,” tandas Yuskal. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA