Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gonjang-ganjing Virus Corona, Sri Mulyani Fokuskan APBN Untuk Tiga Sektor Prioritas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 18 Maret 2020, 15:38 WIB
Gonjang-ganjing Virus Corona, Sri Mulyani Fokuskan APBN Untuk Tiga Sektor Prioritas
Menkeu Sri Mulyani/Net
rmol news logo Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2020 akan diprioritaskan untuk tiga sektor utama.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Tiga sektor yang dimaksud adalah sektor kesehatan, jaring pengaman nasional (social safety net), dan sektor dunia usaha, termasuk industri kesehatan. Hal ini ditetapkan setelah Indonesia dihantam oleh wabah virus corona atau Covid-19.

Untuk sektor kesehatan, pemerintah akan menyiapkan anggaran untuk menopang pasien virus corona yang disiapkan bersama dengan BPJS Kesehatan (BPJS Kes).

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pihaknya akan segera menyusun Perpres untuk mendukung penanggulangan wabah virus corona.

"Kami akan menyusun Perpres dalam rangka kepastian fasilitas RS dan BPJS untuk bisa mendukung langkah-langkah penanggulangan Covid-19," ujar Sri Mulyani, dalam konferensi pers APBN Kita yang dilakukan melalui video konferensi, Rabu (18/3).

Dia berjanji jaminan sosial juga akan diberikan kepada masyarakat yang terdampak langsung dengan adanya penyebaran virus dan keputusan work from home.

Untuk sektor usaha, pemerintah akan mengarahkan APBN untuk menyelamatkan dunia usaha dan memberikan dukungan maksimal agar bisa melewati masa-masa sulit ini.

Dukungan ini sudah dituangkan di dalam stimulus ekonomi jilid II, dimana salah satunya adalah relaksasi pembayaran PPh 21, PPh 22 dan PPh 25 serta restitusi dipercepat.

Relaksasi ini juga akan difokuskan bagi industri alat kesehatan. Sri Mulyani menegaskan dia akan mengecek apakah industri kesehatan sudah memanfaatkan relaksasi pajak tersebut

Sri Mulyani mengungkapkan masa sekarang ini adalah masa yang penuh tantangan. Di saat sulit seperti ini penerimaan negara pun merosot drastis sementara kebutuhan yang harus dipenuhi juga tak kalah besar.

"Ini adalah masa-masa yang menantang," ujar Sri Mulyani. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA