Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hari Ini, Rupiah Terjun Bebas Melewati Rp 14.350 Per Dolar AS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 09 Maret 2020, 16:36 WIB
Hari Ini, Rupiah Terjun Bebas Melewati Rp 14.350 Per Dolar AS
Ilustrasi/Net
rmol news logo Kekhawatiran virus corona berdampak pada nilai rupiah di pasar spot. Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melemah di perdagangan pasar spot per Senin (9/3) melewati level Rp 14.300.  

Sebelumnya, pada Minggu (8/3), nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat telah diperkirakan cenderung melemah pada perdagangan esok harinya, Senin (9/3). Pelemahan ini terjadi usai lembaga pemeringkat Moody’s menurunkan prediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun ini dari 4,9 persen menjadi 4,8 persen.

Pada Senin (9/3), 1 dolar AS dihargai Rp 14.240 kala pembukaan pasar spot. Rupiah melemah 0,14 persen dibandingkan posisi penutupan perdagangan akhir pekan lalu.

Pada pukul 08:02 WIB, 1 dolar AS setara dengan Rp 14.260 di mana rupiah melemah 0,28 persen.

Tanda-tanda depresiasi rupiah sudah terlihat di pasar Non-Deliverable Market (NDF). NDF adalah instrumen yang memperdagangkan mata uang dalam jangka waktu tertentu dengan patokan kurs tertentu pula.

Sebelumnya pasar NDF belum ada di Indonesia, hanya tersedia di pusat-pusat keuangan internasional seperti Singapura, Hong Kong, New York, atau London.

Penyebaran virus corona membuat cemas pelaku pasar. Mengutip data infografik coronavirus map, kasus virus corona di seluruh dunia mencapai 109.839. Korban jiwa kian bertambah menjadi 3.803. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA