Gelontorkan 1 Milliar Dolar AS Microsoft Bangun Data Center Di Indonesia

Kamis, 27 Februari 2020, 17:16 WIB
Laporan: Reni Erina

Presiden Jokowi Saat Bertemu Petinggi Microsoft/Net

Raksasa teknologi asal Negeri Paman Sam, Microsoft, menaruh minat membangun data center di Indonesia. Mereka siap menggelontorkan dana hingga  1 miliar dolar.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut baik rencana tersebut, ia menyatakan akan menyederhanakan regulasi guna memuluskan jalan bagi perusahaan asal Amerika Serikat itu.

Namun, saat ini pemerintah sedang membahas RUU Perlindungan Data Pribadi di DPR. JIka hal tersebut telah tuntas, maka penyederhanaan regulasi bisa dilakukan.

"Saya sampaikan kita juga masih mengajukan UU untuk perlindungan data pribadi ke DPR. Tetapi Microsoft ingin segera investasi di Indonesia," ujar Jokowi di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (27/2).

Jokowi akan segera menyusun regulasi sederhana yang mendukung rencana investasi Microsoft. Ia tak memperinci bentuk regulasi tersebut. Namun Jokowi menargetkan regulasi itu bisa rampung dalam waktu satu minggu.

"Dalam  seminggu ini akan kita putuskan untuk membuat sebuah regulasi sederhana yang mendukung investasi, yang berkaitan dengan data center," katanya.

RUU PDP diketahui masuk dalam Prolegnas Prioritas DPR RI 2020 dengan status RUU usulan pemerintah. Beleid itu mengatur sistem pusat data pribadi yang terintegrasi untuk menjamin keamanan data nasional. Kemudian diatur pula data center privat yang akan diatur lebih lanjut terkait pengolahan dan pemrosesan data pribadi.

Selain RUU PDP, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) juga punya aturan data center yang baru saja disahkan. Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 71/2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PP PSTE). Aturan ini merupakan revisi dari Peraturan Pemerintah Nomor 82/2012.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

Update Covid-19 Kamis 26 Maret, Positif 893 orang, dan 78 Meninggal

Kamis, 26 Maret 2020
Video

Gunung Merapi Meletus, Magelang Diguyur Hujan Abu

Jumat, 27 Maret 2020
Video

JAJANG C. NOER : Ketika Ayah | Puisi Hari Ini

Jumat, 27 Maret 2020