Pengamat: Performa Telkom Akan Terdongkrak Lewat Perhatian Kementerian BUMN

Kamis, 27 Februari 2020, 00:22 WIB
Laporan: Diki Trianto

Menteri BUMN, Erick Thohir/Net

Ada upaya perbaikan yang tengah dilakukan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terhadap PT Telkom.

Menurut pengamat telekomunikasi, Heru Sutadi narasi Menteri BUMN Erick Thohir yang memasukkan strategi bisnis Telkom diharapkan bisa memperbaiki perusahaan telekomunikasi plat merah itu yang selama ini hanya dipandang sebagai mesin pencetak keuntungan, tanpa diperhatikan strategi bisnis dan pembinaannya.

"Dari nuansa dan narasinya (Kementerian BUMN) perbaikan (perhatian pada Telkom), tapi perlu dilihat bagaimana faktanya. Kita berharap Telkom sebagai Indonesia flag carrier tetap maju dan eksis. Bahkan bisa menjadi holding untuk perusahaan telekomunikasi dan multimedia," ujar Heru dalam keterangan tertulisnya, Rabu (26/2).

Sejatinya, harapan agar Tekom bergerak ke arah bisnis digital sudah sejalan dengan strategi yang sedang dilakukan PT Telkom. Namun, jelas Heru, hal itu tak didukung dengan perhatian pemerintah. Hal itu terlihat pada komposisi jajaran direksi dan komisaris Telkom di masa lalu.

Ke depan,ia yakin hal itu bisa tercapai bila jajaran direksi dan komisaris Telkom diisi orang-orang yang bisa mendukung perusahaan bergerak ke ranah cloud computing, big data, dan teknologi mutakhir lain.

"Ya kita lihat saja nanti ke depan kan akan RUPS. Akankah cara pandang pemerintah sama dengan sebelumnya atau berbeda?" jelasnya.

Melalui perhatian pemerintah pula, Heru optimis sindiran Erick Thohir yang menyebut pendapatan PT Telkom kalah dibanding Telkomsel yang tak lain anak perusahaanya bisa diperbaiki.

"Kalau petinggi Telkom dan BUMN punya strategi jitu, dalam dua tahun pendapatan Telkom bisa menyamai Telkomsel sebenarnya," tandasnya.
EDITOR: DIKI TRIANTO

Kolom Komentar


Video

Update Covid-19 Kamis 26 Maret, Positif 893 orang, dan 78 Meninggal

Kamis, 26 Maret 2020
Video

Gunung Merapi Meletus, Magelang Diguyur Hujan Abu

Jumat, 27 Maret 2020
Video

JAJANG C. NOER : Ketika Ayah | Puisi Hari Ini

Jumat, 27 Maret 2020