Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bank DKI Terus Dukung Program Ketahanan Pangan Pemprov DKI Jakarta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Senin, 24 Februari 2020, 12:48 WIB
Bank DKI Terus Dukung Program Ketahanan Pangan Pemprov DKI Jakarta
Program pangan murah Pemprov DKI terus didukung Bank DKI/Net
rmol news logo Sebagai salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemprov DKI Jakarta, Bank DKI tidak hanya berperan sebagai penyedia dana permodalan, namun juga masuk ke ekosistem pasar dengan membantu kelancaran pembayaran melalui platform yang bisa mememudahkan konsumen dalam bertransaksi.

PT Bank DKI sejauh ini telah menggelontorkan dana untuk mendukung kebutuhan pangan warga DKI Jakarta senilai Rp 300-Rp 400 miliar kepada dua BUMD yang menjalankan program pangan murah 2020.

"Dua BUMD yang sudah bekerja sama dengan kita adalah PT Food Station dan PD Dharma Jaya. Masing-masing Rp 300 miliar hingga Rp 400 miliar," jelas Dirut Bank DKI, Zainudin Mappa, melalui keterangannya, Senin (24/2).

Kerja sama itu digagas berdasarkan Pergub Nomor 93/2018 tentang Perubahan Atas Pergub Nomor 6/2018 tentang Penyediaan dan Pendistribusian Pangan dengan Harga Murah Bagi Masyarakat Tertentu.

Zainudin mengatakan, Food Station maupun Darma Jaya berfungsi sebagai penyedia kebutuhan pangan murah bagi masyarakat DKI.

"Mereka membutuhkan tambahan permodalan untuk suplai kepada masyarakat. Sifatnya perputaran dana melalui pendanaan komersial," katanya.

Tidak hanya itu, Bank DKI turut mendukung operasi pangan murah yang diselenggarakan oleh Pemprov DKI Jakarta. Bersama Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI, PT. Food Station Tjipinang Jaya, PD Dharma Jaya dan Perumda Pasar Jaya menggelar Program Pangan Murah Jakarta.

Program yang berlangsung setiap bulan ini menjual daging sapi Rp 35 ribu/kg, daging kerbau Rp 30 ribu/kg, daging ayam Rp 8 ribu/kg, telur ayam Rp 10 ribu/15 butir, beras Rp 30 ribu/5 kg, ikan kembung Rp 13 ribu/kg, dan susu UHT Rp 30 ribu/ karton (24 pak).

Program ini menyasar kelompok masyarakat tertentu. Seperti pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus, Kartu Pekerja Jakarta (KPJ), Kartu Lansia Jakarta (KLJ), Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ), Petugas Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), dan Pegawai Harian Lepas (PHL) dengan pendapatan UMP.

Pangan Murah digelar setiap Senin hingga Sabtu pukul 08.00-17.00 WIB di outlet-outlet Dharma Jaya, pasar-pasar kelolaan Perumda Pasar Jaya, JakGrosir, JakMart, dan Gerai Kewirausahaan Terpadu. Selain itu, juga dilakukan di sejumlah rusun dan RPTRA yang telah dijadwalkan Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA