Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bank BJB Bekali UMKM Strategi Tumbuh Dan Siap Bersaing

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/yelas-kaparino-1'>YELAS KAPARINO</a>
LAPORAN: YELAS KAPARINO
  • Kamis, 20 Februari 2020, 14:36 WIB
Bank BJB Bekali UMKM Strategi Tumbuh Dan Siap Bersaing
Seminar ‘Strategi Tumbuh Siap Bersaing’ di Pasar Permai Koja, Rabu (19/2)./RMOL
rmol news logo PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat & Banten (bank bjb) menggelar seminar kewirausahaan bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Jakarta. Para UMKM tersebut dibekali kiat-kiat untuk tumbuh dan bersaing di dunia usaha.

Seminar dengan tema ‘Strategi Tumbuh Siap Bersaing’ itu, digelar bank bjb bersama Dinas Koperasi dan UMKM serta Perdagangan Provinsi DKI Jakarta dan Gerakan Nusantara Berdaya (GNB). Seminar digelar di Tempat Kumpul Kreatif Jakarta Utara di Pasar Permai Koja, Jakarta Utara, Rabu (19/2).

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto mengatakan, seminar yang dihadiri oleh 150 orang pelaku usaha kecil di seluruh wilayah Jakarta tersebut, merupakan salah satu langkah perseroan dalam upaya mendorong pertumbuhan usaha masyarakat.

Melalui seminar ini, strategi usaha yang telah dimiliki para pelaku UMKM diasah dan digodok lebih matang sehingga tahan banting saat dipraktikkan. “Bank bjb juga memberikan kisi-kisi usaha yang dapat diaplikasikan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan,” ujar dia.

Widi menambahkan, pihaknya percaya, usaha mikro memegang peranan penting sebagai tulang punggung perekonomian masyarakat Indonesia. Berbagai hambatan dalam akselerasi usaha, perlu diatasi dengan beragam cara.

"Strategi yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan menjadi faktor penting guna menentukan keberhasilan mencapai tujuan usaha," kata Widi.

Tak hanya mempertajam strategi usaha, seminar ini juga memberikan edukasi tentang pengelolaan usaha yang baik di tengah persaingan retail modern. Rancangan rencana usaha dan strategi yang telah dibentuk para pelaku usaha mikro harus bersifat reliabel dan dapat diaplikasikan dalam praktik usaha sehari-hari.

Diharapkan, seminar ini bisa menjadi ajang pencerahan dan pertukaran gagasan yang menambah bekal dan keilmuan para pelaku UMKM agar dapat tumbuh dan bersaing.

"Peran kunci UMKM sebagai motor penggerak dan pendorong laju perekonomian daerah diharapkan semakin memperlihatkan taringnya," tandas dia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA