Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tindakan Pengamanan, Kemenkeu Bakal Asuransikan 10 Gedung Kementerian

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 15 Februari 2020, 07:32 WIB
Tindakan Pengamanan,  Kemenkeu Bakal Asuransikan 10 Gedung Kementerian
Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN)/Net
rmol news logo Setidaknya ada 10 gedung kementerian dan lembaga (K/L) yang akan diasuransikan  pada tahun ini.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Direktur Barang Milik Negara Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan Encep Sudarwan menyebutkan data gedung yang telah mengajukan asuransi tersebut.

Yaitu Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), serta Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Lalu ada Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Televisi Republik Indonesia (TVRI), dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Sebanyak 8 K/L yang siap dan telah mengajukan asuransi gedung," kata Encep kepada media di kantor DJKN, Kementerain Keuangan, Jakarta, Jumat (14/2). Tinggal menunggu dua lagi yang akan memberi kabar.

"Kami masih menunggu dua lagi jadi nanti ada kabar. Sekarang lagi ditanya satu-satu dipanggilkan," ungkapnya.

Asuransi gedung tersebut dimaksudkan sebagai tindak pengamanan untuk gedung pemerintah yang berada di wilayah rentan bencana alam.

Pihak DJKN masih mengkaji dan menghitung total nilai aset yang dimiliki oleh 8 K/L tersebut untuk menentukan nilai premi asuransi.

"Jadi, K/L tidak menggunakan perusahaan asuransi yang berbeda-beda. Hanya satu polis asuransi barang milik negara (BMN) yang akan dikeluarkan konsorsium asuransi BMN," terangnya.

Kemungkinan jumlah gedung yang akan diasuransikan akan bertambah, sesuai dengan rencana pihak Kementerian Keuangan.

"Bisa saja lebih dari 10 karena Bu Sri Mulyani justru lebih senang kalau lebih banyak. Ini berkaitan dengan kami harus mengamankan BMN karena bencananya kita banyak," ujar Encep. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA