Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sempat Ditolak OJK, Akhirnya Al Falah Jadi Investor Bank Muamalat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 05 Februari 2020, 06:53 WIB
Sempat Ditolak OJK, Akhirnya Al Falah Jadi Investor Bank Muamalat
Bank Muamalat/Net
rmol news logo Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akhirnya memberi restu kepada konsorsium Al Falah Investments Pte. Ltd. menjadi investor PT Bank Muamalat Indonesia Tbk.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menyampaikan hal tersebut kepada media usai Rapat Kerja dengan Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

"Tnggal eksekusi, eksekusi itu proses-proses administrasi. (Investor] sudah ada. Konsorsium Al Falah," kata Wimboh,

Saat ini OJK sedang menyelesaikan kelengkapan informasi dan dokumentasi.

Lewat keterangan tertulisnya, Jubir OJK Sekar Putih Djarot menegaskan OJK telah menerima komitmen konsorsium Al-Falah dengan anggota lainnya.

"OJK akan meminta pihak Bank dan Investor menyampaikan ke publik segera setelah seluruh proses diselesaikan," kata Sekar, Selasa (4/2).

Al Falah adalah perusahaan yang didirikan oleh Ilham Habibie (putra mendiang Presiden BJ Habibie). Sejak awal 2019 dia gigih memperjuangkan komitmennya untuk menyelamatkan bank syariah tertua di Indonesia itu.

Ia ngotot untuk menyuntikkan modal kepada Muamalat meski konsorsium investasi yang diajukan menemukan banyak kendala bahkan pernah ditolak OJK.

Waktu itu, OJK tak mengizinkan konsorsium Al Falah untuk masuk ke pemegang saham Muamalat, maka pihaknya akan mencari investor lain.

Padahal, Ilham berkali-kali menegaskan  Al Falah merupakan salah satu investor yang paling siap menyuntikkan modal ke Muamalat.

Akhirnya perjuangannya menemukan titik terang. OJK telah merestui Al Falah sebagai investor Bank Muamalat.

Sebelumnya, minggu lalu Ketua Komisi XI DPR RI Dito Ganinduto, telah memberikan sinyal. Ia mengatakan proses Al Falah untuk menjadi pemegang saham baru di bank syariah pertama di negara ini sudah setengah jalan, meski tak menjelaskan lebih detail prosesnya.

"Lagi proses, saya enggak tahu [sudah sampai mana]. Jadi lagi proses insya Allah sih jadi. Sudah setengah jalan kayaknya, sudah menyusun, mereka masih negosiasi," kata Dito di gedung parlemen, Rabu (29/1)

Pada awal 2019 lalu, Bank Mualamat mengeluarkan prospektus rancangan akuisisi. Akuisisi itu mencakup 50,3 persen  dari keseluruhan saham yang diterbitkan dalam Bank Muamalat. Al Falah telah menyatakan siap mengakuisisi bank syariah tertua itu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA