Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Roy Suryo: Provider Terlibat Pembobolan Rekening Ilham Bintang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ruslan-tambak-1'>RUSLAN TAMBAK</a>
LAPORAN: RUSLAN TAMBAK
  • Jumat, 31 Januari 2020, 14:44 WIB
Roy Suryo: Provider Terlibat Pembobolan Rekening Ilham Bintang
Roy Suryo dan Ilham Bintang/RMOL
rmol news logo Banyak hal yang mencurigakan dalam kasus pembobolan rekening milik wartawan senior Ilham Bintang.

Salah satunya adalah soal keteledoran provider Indosat yang menyetujui permintaan pergantian SIM card yang diajukan sang pembajak.

Rekening Ilham Bintang di Commonwealth Bank dibobol oleh pihak tertentu dengan terlebih dahulu membajak nomor telepon Ilham Bintang di Indosat.

Ketika pembajakan terjadi awal Januari lalu, Ilham Bintang sedang berada di Australia.

Menurut pakar telematika Roy Suryo, seharusnya ketika sang pembajak datang mengadukan kerusakan kartu pihak provider melakukan sejumlah hal, termasuk meminta kartu lama yang dilaporkan rusak.

Untuk melakukan swap atau pergantian SIM card yang rusaknya, seharunya pemilik SIM card datang dengan membawa identitas asli. Kalau pemilih tidak bisa datang, maka bisa memberikan kuasa kepada pihak lain yang datang dengan membawa surat kuasa yang ditandatangani pemilik di atas materai.

“Yang paling penting lagi, fisik kartu lamanya harus ada,” ujar dalam dialog di Penang Bistro, di Jalan Kebun Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (31/1).

Kasus penukaran SIM card Indosat ini jadi sangat aneh karena pihak yang mengaku sebagai Ilham Bintang datang tanpa membawa SIM card yang disebutkan rusak dan ingin diganti dengan yang baru.

“Orang ini datang tanpa membawa fisik kartu lama. Jadi dengan tegas saya katakan, operator terlibat.  Tidak mungkin tidak terlibat,” ujar Roy Suryo lagi.

Dalam dialog itu juga hadir Ilahm Bintang yang merupakan Ketua Dewan Kehormatan Persatuan Wartawan Pusat, anggota Dewan Pers yang juga pengamat komunikasi digital Agus Sudibyo dan mantan bankir Wisnu Tjandra.

Roy Suryo juga mengatakan, keanehan lain dalam proses pergantian SIM card Indosat ini karena waktu yang digunakan terbilang sangat singkat, hanya sekitar tiga menit.

Dalam rekaman CCTV yang diperoleh, laki-laki yang mengaku sebagai Ilham Bintang itu hanya membutuhkan waktu sekitar tujuh menit sejak datang sampai meninggalkan gerai Indosat. Selama masa itu, tiga menit dihabiskannya di depan petugas gerai Indosat.

Hal ini, sambung Roy Suryo lagi, memperlihatkan tidak ada upaya serius dari pihak Indosat untuk memverifikasi pihak yang datang mengaku sebagai Ilham Bintang.

Ilham Bintang dalam kesempatan itu lantas membagikan formulir isian yang diberikan petugas Indosat kepada pihak yang mengaku sebagai dirinya.

Formulir isian ini memperlihatkan keanehan berikutnya. Hanya beberapa pertanyaan uang yang diisi, lalu ditandatangani pihak yang mengaku sebagai Ilham Bintang dan petugas Indosat.

Kolom tandatangan supervisor dalam formulis isian itu juga dibiarkan kosong.

Setelah berhasil menguasai SIM card Ilham Bintang, sang pembobol lantas menguasai rekening Ilham Bintang di Commonwealth Bank, dan memindahkan isi rekening Ilham Bintang dengan 94 kali transaksi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA