Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Siap-Siap, Ekspor Indonesia Diprediksi Turun Karena Corona

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Selasa, 28 Januari 2020, 17:17 WIB
Siap-Siap, Ekspor Indonesia Diprediksi Turun Karena Corona
Raoat dengar pendapat Komisi XI DPR dengan Kemenkeu/RMOL
rmol news logo Pertumbuhan ekonomi dunia di beberapa negara menunjukkan penurunan yang cukup drastis akibat adanya wabah corona. Penurunan tersebut bahkan diprediksi bakal diikuti di sektor ekspor Indonesia.

“Ini bagian dari dari dinamika global yang kita yakini pada saatnya memiliki dampak kepada Indonesia,” ucap Wakil Menteri Keuangan RI, Suahasil Nazar usai rapat dengar pendapat dengan Komisi XI, di Gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (28/1).

Dia menjabarkan bahwa pertumbuhan ekonomi di negara-negara maju melemah akibat virus corona. Artinya, permintaan barang dan jasa dari Indonesia akan menurun.

“Artinya ekspor Indonesia menurun, nanti akan tercatat di ekspor kita turun,” katanya.

Hal itu lantaran Indonesia menjadi salah satu mitra dagang China. Jika pertumbuhan ekonomi negara tirai bambu tersebut menurun akibat virus corona, sambungnya, maka mitra dagang selain Indonesia juga akan melemah.

“Ya banyak negara yang merupakan mitra dagangnya China akan terkena dan itu mesti kami awasi terus. Kita mesti lihat untuk Indonesia, kira-kira apa yang menjadi dampak ke ekspornya kita apa saja," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA