Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kasus Jiwasraya Dan Asabri Bisa Berimbas Ke Sektor Riil Hingga Ke Bursa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 18 Januari 2020, 07:46 WIB
Kasus Jiwasraya Dan Asabri Bisa Berimbas Ke Sektor Riil Hingga Ke Bursa
Jiwasraya/Net
rmol news logo Persoalan keuangan yang dialami PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dan PT Asabri (Persero) bisa menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap industri jasa keuangan ini. Dampaknya bahkan bisa lebih luas lagi termasuk merusak kepercayaan investor.

Sekretaris Kementerian Koordinator (Sesmenko) Bidang Perekonomian Susiwijono menyebut pengaruhnya bisa sampai ke sektor riil.

"Pasti, tak hanya berpengaruh terhadap sektor keuangan tapi tentu juga akan berpengaruh terhadap sektor riil, bahkan semuanya termasuk di bursa dan sebagainya," ujar  Susiwijono di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat (17/1).

Susiwijono menegaskan perlu ada upaya cepat untuk mengantisipasi dampak jangka panjangnya, walaupun saat ini dampak permasalahan dua perusahaan asuransi pelat merah itu belum terasa betul. Namun, kepercayaan publik terhadap perusahaan asuransi milik negara bisa melorot tajam.

"Nah, sebenarnya dengan berbagai kasus yang ada ini kita melihat beberapa indikator sektor keuangan juga masih cukup confident, nggak terlalu terpengaruh betul, tapi kita antisipasi dari awal karena sektor keuangan kan masalah trust itu penting, sentimen market, dan lain sebagainya, karena itu memang penting untuk membangun kembali trust itu," jelas Susiwijono. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA