Sekjen Demokrat: Apa Kabar Esemka?

Jumat, 17 Januari 2020, 11:18 WIB
Laporan: Ahmad Alfian

Hinca IP Pandjaitan/Net

Produksi mobil Esemka yang digadang-gadang sebagai karya anak bangsa dan senantiasa dibanggakan Presiden Joko Widodo, sudah lama tidak terdengar beritanya.

Meski sudah meluncurkan model perdananya sejak September 2019, kelanjutan mobil Esemka seolah timbul tenggelam bahkan perkembangannya terkesan mandek.

Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat Hinca IP. Panjaitan mempertanyakan keberadaan dan perkembangan mobil Esemka yang selama ini dibanggakan pemerintah.

"Apa kabar Esemka? Dealer pertama sejak Oktober sudah dibangun, sudah berapa pertumbuhannya ya sekarang?" ujar anggota Komisi III DPR ini di akun Twitter, Jumat (17/1).

Hinca mengomentari pemberitaan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang menyatakan Esemka belum masuk keanggotaan mereka. Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara juga mengaku, tidak tahu soal perkembangan terakhir Esemka.

Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik mobil Esemka milik PT Solo Manufaktur Kreasi, di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah pada 6 September 2019.

Meski belum ada kabar lanjutan soal Esemka, beberapa lembaga pemerintahan seperti Kemenhan dan TNI AU disebut sudah memesan model pikap Esemka 1.300 cc untuk dijadikan kendaraan operasional.

Kolom Komentar


Video

NOORCA M. MASSARDI: Ketika Harta | Puisi Hari Ini

Senin, 10 Februari 2020
Video

[FULL] | Singgung Film Avengers: Endgame, Pidato Jokowi di Parlemen Australia

Senin, 10 Februari 2020
Video

30 Tahun MURI, Bakti Sosial ke Kampung Sumur

Selasa, 11 Februari 2020