Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dukung Tuntaskan Jiwasraya, PB HMI: BUMN Adalah Simbol Kedaulatan Ekonomi Bangsa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 10 Januari 2020, 02:17 WIB
Dukung Tuntaskan Jiwasraya, PB HMI: BUMN Adalah Simbol Kedaulatan Ekonomi Bangsa
Jiwasraya/Net
rmol news logo Penyelesaian kasus Jiwasraya yang tengah dilakukan oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendapat dukungan dari Pengurus Besar Himpunan mahasiswa Islam (PB HMI).

PB HMI mendukung upaya progresif Menteri BUMN, Erick Thohir dalam melakukan clean and clear di semua perusahaan BUMN.

"Bagi PB HMI, BUMN adalah simbol kedaulatan ekonomi bangsa yang wajib dirawat dan dijaga dari upaya-upaya perampokan sistemik dan jenis skandal lainnya," ujar PJ Ketua Umum PB HMI, Arya Kharisma Hardy dalam keterangan tertulisnya, Kamis (9/1).

Menurutnya, kasus Jiwasraya bisa jadi momentum bersih-bersih BUMN yang belum sempat terdeteksi oleh aparat penegak hukum dan lembaga terkait lainnya.

"Inisiatif bersih-bersih menyeluruh yang dilakukan oleh Erick Tohir secara siginifikan akan mengungkap banyak kasus lainnya di tubuh BUMN," ungkapnya.

Ia juga menyambut baik pemulihan manejemen BUMN melalui skema holding dan penerapan the right man on the right place di posisi strategis perusahaan-perusahaan BUMN. Terlebih saat ini BUMN kerap menjadi sapi perah bagi elite dan oligarki.

"BUMN mesti bekerja sama dengan lembaga terkait seperti Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Ombusdman dan akuntan publik untuk rutin mengontrol kinerja perusahaan dan perilaku direksi-direksi BUMN," imbuhnya.

Namun, kritikan juga ia sampaikan berkenaan dengan monopoli di perusahaan BUMN pada sektor bisnis yang seharusnya menggandeng swasta.

"Hegemoni BUMN beserta anak cucunya sangat mengganggu dinamika iklim usaha nasional yang juga dibangun oleh perusahaan swasta dalam negeri, sehingga sedikit banyak mempengaruhi asa pengusaha dalam negeri untuk bertumbuh," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA