Kemenperin Kawal Arus Investasi Dari Taiwan

Menperin Agus Gumiwang terus genjot arus investasi dari Taiwan/Kemenperin

Pemerintah masih membuka pintu kepada para investor yang ingin masuk ke Indonesia untuk menumbuhkan industri manufaktur.

Sejurus dengan itu, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melakukan pertemuan dengan sejumlah investor asal Taiwan. Antara lain Litemax Electronics Inc sebuah perusahaan yang memproduksi alat komunikasi digital. Kemudian Sugar Corporation dan CPC Corporation selaku perusahaan minyak dan gas alam.

Terkait kerja sama yang tengah dijalin dengan perusahaan-perusahaan Taiwan, Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, peluang kolaborasi antara pelaku industri di dua negara terbilang sangat prospektif dan dapat menumbuhkan perekonomian nasional. Karena itu, Kemenperin turut mengawal sejumlah investasi di sektor manufaktur dari Taiwan agar cepat terealisasi.

"Dalam beberapa tahun terakhir sudah banyak misi bisnis dari Taiwan yang datang ke Indonesia. Kami meyakini bahwa misi bisnis ini dan kisah sukses dari perusahaan-perusahaan yang sudah berinvestasi di Indonesia dapat menjadi gerbang meningkatnya investasi ke Indonesia," tutur Agus dalam keterangannya di Jakarta, Senin (23/12).

Menurut Agus, upaya memperkuat struktur industri dalam negeri melalui rencana menggandeng investor-investor dari Taiwan tersebut sudah sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo yang meminta Kementerian terkait investasi dapat menguatkan industri dari sektor hulu sampai hilir.

"Oleh karena itu, Bapak Presiden Joko Widodo menekankan kepada kami untuk mendorong hilirisasi industri di Tanah Air, karena akan berdampak luas terhadap perekonomian nasional seperti peningkatan lapangan kerja," kata Agus.

Kemenperin mencatat, Taiwan berada pada peringkat ke-15 dengan total realisasi 926,9 juta dolar AS atau berkontribusi sebesar 0,7 persen dari seluruh realisasi penanaman modal asing (PMA) pada lima tahun terakhir. Capaian tersebut perlu terus ditingkatkan, mengingat adanya peluang relokasi industri di tengah situasi perang dagang Amerika Serikat dan China.

Lebih jauh, Agus menyebut pihaknya  mengapreasiasi kerja sama Indonesia dengan Taiwan pada pelaksanaan Indonesia-Taiwan Industrial Collaboration Forum (ITICF) awal Desember lalu yang menghasilkan empat MoU kerja sama.

"Pertama, Think Tank Cooperation antara Industry, Science, and Tecnology International Strategy Center (ISTI) serta Industrial Technology Research Institute (ITRI) dengan Paramadina Public Policy Institute (PPPI)," paparnya.

Kemudian, Cooperation of Design Development, antara Taiwan Design Center (TDC) dengan Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kemenperin RI yang diwakili Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI Taipei).

Selanjutnya, Advanced Molding Technology and Education Cooperation antara Association of CAE Mold Technology serta Association of Computational Mechanics Taiwan (ACMT) dengan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

"Berikutnya, Implementation of Industry 4.0 Technology in The Virtual and Augmented Reality, antara Taiwan Association for Virtual And Augmented Reality (TAVAR) dengan Balai Besar Bahan dan Barang Teknik (B4T) Kemenperin RI," demikian Agus.
EDITOR: AGUS DWI

Kolom Komentar


Video

New Normal New Ideas

Minggu, 05 Juli 2020
Video

Bergerak Serentak, Seruan Mahasiswa Batalkan OmnibusLaw

Jumat, 10 Juli 2020
Video

Jasad ABK WNI Ditemukan di Frezeer Kapal China

Jumat, 10 Juli 2020

Artikel Lainnya

Ikan Arwana Kalimantan Siap Ekspor, Kemenko Marves Targetkan Pengiriman Dilakukan Tiap Pekan
Ekbis

Ikan Arwana Kalimantan Siap ..

13 Juli 2020 04:57
Gugatan 15 T Telkomsel Harusnya Jadi Pengakuan Industri Telekomunikasi Selama Ini Lengah
Ekbis

Gugatan 15 T Telkomsel Harus..

12 Juli 2020 19:13
Menko Airlangga Ajak UMKM Bertransformasi Menuju Ekonomi Digital
Ekbis

Menko Airlangga Ajak UMKM Be..

12 Juli 2020 13:32
Revitalisasi UMKM, Kunci Bangkitkan Ekonomi Di Tengah Pandemik
Ekbis

Revitalisasi UMKM, Kunci Ban..

12 Juli 2020 02:26
Digempur Corona, Indonesia Harus Hidupkan Kembali Ekonomi Kerakyatan
Ekbis

Digempur Corona, Indonesia H..

11 Juli 2020 12:16
Faisal Basri: Kenaikan Kelas Indonesia Berpendapatan Menengah Ke Atas Bertahan 1 Tahun
Ekbis

Faisal Basri: Kenaikan Kelas..

11 Juli 2020 03:45
Budidaya Lobster Model Keramba Dasar Cocok Bagi Perairan Berombak Besar
Ekbis

Budidaya Lobster Model Keram..

11 Juli 2020 01:46
Ada Fasilitas Permodalan, Pemerintah Minta Pelaku UMKM Daftarkan Usahanya
Ekbis

Ada Fasilitas Permodalan, Pe..

11 Juli 2020 00:35