Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Temui Putra Mahkota UEA, Menko Luhut Sepakati Sejumlah Kerjasama

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Selasa, 17 Desember 2019, 04:26 WIB
Temui Putra Mahkota UEA, Menko Luhut Sepakati Sejumlah Kerjasama
Menko Luhut Binsar Panjaitan bersama rombongan saat kunker ke Uni Emirat arab/Ist
rmol news logo Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan melakukan kunjungan kerja ke Uni Emirat Arab. Dalam kunjungan kerja tersebut Menko Luhut melaksanakan pertemuan bilateral dengan Putera Mahkota UEA, Pangeran Mohammed Bin Zayed bin Sultan Al Nahyan di Abu Dhabi, Senin (16/12).

Menko Luhut menyampaikan, pertemuan tersebut membawa pesan dari Presiden Joko Widodo dan sebagai persiapan awal pertemuan kenegaraan pada awal tahun depan.

“Pertemuan ini juga untuk memastikan bahwa kerja sama G to G (Governement to Government) dan kesepakatan bisnis telah tersampaikan dan berjalan dengan baik,” ujar Menko Luhut di Abu Dhabi lewat siaran persnya, Senin (16/12).

Beberapa memorandum of understanding (MoU) yang akan ditandatangani antara lain di bidang energi, kesehatan, pendidikan, dan Sovereign Wealth Fund (SWF).

Selain itu, lanjut Menko Luhut, pertemuan ini juga untuk mempersiapkan MoU untuk mendukung pembangunan infrastruktur di Indonesia, dimana ADIA (Abu Dhabi Investment Authority) akan menjadi mitra penting bagi Indonesia.

“Indonesia saat ini juga sedang memproses Omnibus Law untuk memberikan kepastian hukum bagi SWF ini,” tambahnya.

Di bidang petrokimia dan petroleum, beberapa kerja sama yang telah disepakati adalah, kesepakatan antara Pertamina dan Adnoc untuk pengembangan kilang di Balongan, antara Masdar dan PLN untuk kesepakatan pembangunan panel tenaga surya terapung 145 GW.

Antara Pertamina dan Mubadala untuk pengembangan kilang di Balikpapan, antara EGA dan Inalum untuk pengembangan smelter dan hydropower berbasis 500.000 ton per tahun aluminium smelter di Kalimantan Utara dan antara Chandra Asri dan Adnoc dengan kontrak jangka panjang.

Selain itu, kesepakatan di bidang agrikultur yang akan mengambil lokasi di Elite Agro, Jawa Barat dan juga Kalimantan Tengah, serta MoU antara DP World dan Maspion untuk area industri terintegrasi (120 hektar).

Dalam lawatan kali ini, Menko Luhut juga menyampaikan apresiasi Presiden Jokowi atas Kedutaan Besar RI dan kediaman Dubes yang telah berlokasi di wilayah strategis di Abu Dhabi. Selain itu juga dibahas mengenai pembangunan Masjid Agung di Solo Jawa Tengah, yang direncanakan konstruksi awalnya akan dimulai pada Januari 2020 mendatang.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA