Sandi: Kok Indonesia Malah Jadi Pengimpor Produk Halal Terbesar?

Senin, 09 Desember 2019, 09:10 WIB
Laporan: Reni Erina

Sandiaga Uno/Net

Mantan cawapres 2019 Sandiaga Salahuddin Uno berharap Indonesia ke depan menjadi negara yang memproduksi produk-produk halal.

Sebagai negara muslim terbesar, Indonesia sudah saatnya menjadi pencetak produk halal lalu mengirimnya ke luar negeri. Bukan malah menjadi importir.

"Saya nggak mau menyalahkan siapa-siapa. Enggak menyalahkan pemerintah, nggak menyalahkan masyarakat. Tapi kok kita menjadi negara pengimpor terbesar produk-produk halal, kenapa kita tidak bisa memproduksi sendiri," kata Sandiaga, Jakarta, Minggu (8/12).

Untuk menuju ke arah tersebut, menurut Sandiaga, perlu didorong peran milenial agar mau mengambil resiko dan menjadi pelaku usaha sejak muda.

"Kita dorong, kita berikan melalui OK OC ini sebuah pendekatan di mana mereka mendapatkan pelatihan pendampingan, mereka dapat akses pada pasar dan permodalan," ujarnya.

"Kita melihat bahwa pasar halal kita bukan hanya di sertifikasi tapi justru bagaimana kita membangun satu supply chain dari produk- produk halal mulai dari pengusahanya sampai usul dari bahan bakunya pengepakannya pengemasannya logistik pasar sampai ke tangan para customer atau para pembeli," ujarnya.

Jakarta Halal Things, kata Sandiaga diharapkan bisa menghadirkan inovasi untuk membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

Sebelumnya, Wakil Presiden Ma'ruf Amin heran mengapa Indonesia menjadi importer terbesar produk halal.

Bahkan, Indonesia kalah dari Brazil dan Australia selaku negara eksportir produk halal terbesar. Kedua negara tersebut jumlah penduduk Islam-nya jauh lebih sedikit daripada Indonesia.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

Petugas, Warga Dan Alber Berjibaku Singkirkan Material Longsor

Jumat, 17 Januari 2020
Video

Belajar Dari Youtube, Montir Tamatan SD Rakit Pesawat Terbang

Jumat, 17 Januari 2020
Video

Dewas TVRI Pecat Dirut Helmy Yahya, Maladministrasi Pembelian Program Siaran Liga Inggris

Jumat, 17 Januari 2020