Luhut Sebaiknya Wujudkan Tol Laut Mimpi Jokowi

Jumat, 29 November 2019, 22:35 WIB
Laporan: Diki Trianto

Presiden Joko Widodo dan Luhut Binsar Panjaitan/Net

Kiprah para menteri Kabinet Indonesia Maju tak sepenuhnya membuat kinerja pemerintahan Jokowi-Maruf lebih baik. Buktinya, masyarakat masih merasakan kesulitan ekonomi.

“Saya melihat wajar bila publik mulai merasa kondisi ekonomi makin sulit. Sangat disayangkan sejumlah menteri di Kabinet Indonesia Maju bukannya membantu Presiden Jokowi, namun menimbulkan masalah baru,” ujar pengamat politik Ujang Komarudin dalam keterangan tertulisnya, Jumat (29/11).

Salah satu yang disorotinya adalah larangan ekspor bijih nikel yang justru menghambat pertumbuhan perekonomian Tanah Air. Adapun larangan tersebut dikeluarkan oleh Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan.

Baginya, ada kejanggalan dalam kebijakan tersebut yang perlu ditelisik lebih dalam.

“Saya tak mau berspekulasi soal dugaan kartel. Biarlah KPK yang turun tangan mengusutnya untuk mengetahui apakah betul ada konflik kepentingan dan kepentingan pribadi yang bermain,” jelasnya.

Di samping larangan ekspor bijih nikel, Luhut seharusnya lebih memfokuskan tugasnya mewujudkan ide Presiden Jokowi tentang tol laut yang hingga periode kedua ini seolah tak kunjung terealisasi.

“Luhut seharusnya berkonsentrasi bekerja mewujudkan tol laut yang dicanangkan Presiden Jokowi. Sudah hampir enam tahun pemerintahan (Jokowi) berjalan, namun faktanya tol laut itu 'maya' dan tak berwujud,” tutupnya.
EDITOR: DIKI TRIANTO

Kolom Komentar


Video

Terlibat Penyelundupan Harley Davidson, Direktur Utama Garuda Dicopot Paksa

Kamis, 05 Desember 2019
Video

BMKG, Hujan di Jawa Tengah Belum Merata

Jumat, 06 Desember 2019
Video

Ari Askhara Lebay, Tampil ala Bung Karno Berdiri di Mobil Klasik

Jumat, 06 Desember 2019