Tingkatkan Kapasitas Dan Efisiensi Produksi, Kemenperin Ciptakan Mesin Batik Cap Otomatis

Rabu, 27 November 2019, 12:21 WIB
Laporan: Faisal Aristama

Mesin batik cap otomatis buatan Kemenperin/Istimewa

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong terciptanya inovasi agar industri nasional makin maju dan berdaya saing global. Salah satunya dengan menciptakan mesin Batik Cap Otomatis berbasis Programmable Logic Controller (PLC).

"Teknologi perekayasaan alat batik cap berbasis otomasi ini bermanfat untuk meningkatkan kapasitas, efisiensi produksi serta peningkatan kualitas batik cap," kata Kepala BBKB Kemenperin, Titik Purwati Widowati di Jakarta, Kamis (27/11).

Ia berharap, para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) bisa berkolaborasi dan bekerjasama dengan BBKB Kemenperin untuk dapat meningkatkan kapasitas produksi dalam skala besar melalui mesin tersebut.

"Penggunaan teknologi untuk otomasi batik cap ini diharapkan dapat menjadi teknologi yang andal dan memiliki ketahanan yang tinggi dalam penggunaan untuk produksi skala massal," ujar Titik.

Titik menambahkan, selain menciptakan inovasi mesin batik cap otomatis, balai-balai Kemenperin juga sudah menciptakan berbagai inovasi lainnya. Seperti lima unit balai penelitian dan pengembangan hingga penelitian industri di Bandung.

"Balai-balai yang dimaksud adalah, Balai Besar Bahan dan Barang Teknik (B4T), Balai Besar Logam dan Mesin (BBLM), Balai Besar Tekstil (BBT), Balai Besar Keramik (BBK), serta Balai Besar Pulp dan Kertas (BBPK)," demikian Titik.
EDITOR: AGUS DWI

Kolom Komentar


Video

Update Covid-19 Kamis 26 Maret, Positif 893 orang, dan 78 Meninggal

Kamis, 26 Maret 2020
Video

Gunung Merapi Meletus, Magelang Diguyur Hujan Abu

Jumat, 27 Maret 2020
Video

JAJANG C. NOER : Ketika Ayah | Puisi Hari Ini

Jumat, 27 Maret 2020