Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Valuasi Jiwasraya Putra Akan Dilepas Ke Investor

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 22 November 2019, 17:43 WIB
Valuasi Jiwasraya Putra Akan Dilepas Ke Investor
Jiwasraya/Net
rmol news logo Valuasi PT Jiwasraya Putra yang bernilai sekitar Rp 9 triliun akan dilepas ke sejumlah investor.

Hal ini diungkapkan Staf Khusus BUMN Arya Sinulingga. Menurutnya, langkah ini diambil menyelamatkan perusahaan warisan Belanda yang berdiri sejak 31 Desember 1859 itu.

Arya menegaskan para calon pembeli saham Jiwasraya Putra itu berasal dari beberapa negara berbeda.

"Campur antara luar dan dalam negeri. Porsinya belum tahu, lagi diproses. Belum bisa cepat cepat," tutur Arya kepada wartawan, Jumat (22/11).

Arya menambahkan, manajemen baru Jiwasraya cukup baik dalam bekerja serta terus berupaya memperbaiki kinerja perseroan yang tengah dililit masalah itu.

"Pak Erick melihat bagus (kinerja manajemen). Mereka cukup bisa membuka kondisi yang sebenarnya. Mereka fair terbuka ke publik," tegasnya.

Jika mengacu laporan keuangan tahun 2016, hanya ada dua anak usaha Jiwasraya, yakni PT Mitrasraya Adhijasa dan PT Stannia Binekajasa. Keduanya bergerak di bidang pengelolaan gedung.

Demi penyelamatan Jiwasraya, dibentuk anak usaha baru yakni Jiwasraya Putra. Anak usaha ini dibentuk hasil kerja sama dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, PT Pegadaian (Persero), PT Kereta Api Indonesia (Persero), dan PT Telkomsel.

Pembentukan anak usaha itu sudah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan keempat perusahaan itu nantinya akan bertindak juga sebagai distributor dari produk-produk yang dijual oleh Jiwasraya Putra.

"Mereka membuat Jiwasraya Putra yang bisa jadi andalan, dijual supaya bisa bayar utang. Kan dia bersih dari utang induk usahanya," paparnya.

Mantan Juru Bicara Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin itu berharap semua akan bisa berjalan baik.

"Lagi proses, nanti secepatnya saya kasih tahu. Prioritas kita bagaimana menyelamatkannya dulu deh," pungkas Arya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA