Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Jepang, Luhut Sampaikan Indonesia Tengah Lakukan Transformasi Ekonomi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 22 November 2019, 14:08 WIB
Di Jepang, Luhut Sampaikan Indonesia Tengah Lakukan Transformasi Ekonomi
Luhut B. Pandjaitan/Net
rmol news logo Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan melakukan kunjungan kerja ke negara Jepang.

Dalam lawatannya tersebut, Luhut bertemu executive managing director, chief investment officer Hiromichi Mizuno. Luhut membeberkan Indonesia saat ini tengah melakukan transformasi ekonomi dari comodity base ke hilirisasi.

"Tadi saya bertemu dengan Mr. Hiro, ini dia sangat tertarik dan dia bilang bahwa ini super super important meeting buat saya. Dia bilang, 'saya tidak tahu kalau Indonesia ini bisa begini'. Nah itu saya kaget juga, tidak ada yang memberitahu ke dia bahwa Indonesia sekarang sudah mentransformasikan kita ke hilirisasi," kata Luhut usai melakukan pertemuan, seperti dalam tertulis, Jumat (22/11).

Luhut menjelaskan mengenai transformasi ekonomi Indonesia dari comodity base hingga sekarang menjadi hilirisasi, seperti nickle ore menjadi stainless steel, karbon steel sampai lithium battery, di mana Indonesia terbesar cadangan dunia untuk nickle ore.

"Juga saya sampaikan kita tidak hanya berhenti sampai nickel ore, tapi kita juga pada palm oil kita gantikan, juga alumina, juga gasifikasi dan sebagainya. Nah, dia nanya ke saya mengenai lingkungan, dan saya bilang ke dia kalau lingkungan kami sangat care karena kami punya policy," ucapnya.

Untuk policy tersebut, Luhut mengungkapkan bahwa sesuai dengan arahan Presiden Jokowi bahwa policy apapun yang kita buat itu harus melihat ke generasi yang akan datang. Sehingga dirinya memastikan tidak akan membuat policy yang merusak lingkungan.

"Jadi orang tidak perlu mengajari kami soal itu (lingkungan). Untuk itu kami sekarang kembangkan energi ramah lingkungan yaitu hydro power," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA